27 Tim ikut berkompetisi Lomba Yosim Pancar Display, ini Arahan Bupati Tonny Tesar

410

METRONUSANTARANEWS.COM – Serui | Lomba Tari “Yospan” dalam rangka HUT Kabupaten Kepulauan Yapen ke-53 dibuka dan dilepas langsung oleh Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S.Sos didampingi Plt Sekda Erny R. Tania S.IP. dan Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Catur P. Nugroho di SD YPK II Imanuel Serui, Jumat (04/03/2022).

Turut hadir juga Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Pimpinan OPD, dan Ketua lintas Komunitas serta Panitia HUT Kabupaten Kepulauan Yapen ke 53.

Diketahui Peserta Lomba Yospan Jalan dalam rangka HUT ke-53 Kabupaten Kepulauan Yapen dimeriahkan 10 Tim dari Sekolah dan 17 Tim dari umum yang ikut serta berkompetisi pada hari ini.

Dalam sambutannya Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S.Sos menyampaikan “Lomba Yospan Jalan merupakan momentum penting yang diselenggarakan agar kita dapat lebih menumbuhkan rasa cinta pada budaya dan adat istiadat kita. Sehingga kita dapat terus memelihara tari yospan ini sebagai kekayaan budaya kita. Dimulai dari anak-anak di SD, SMP, SMA, dan juga tingkatan umum. Untuk itu Pemerintah Daerah menyambut dengan baik gagasan ide yang di Prakarsai oleh Lintas Komunitas yang juga Panitia HUT dan Terima kasih untuk semua partisipasi yang telah memberikan dukungan pada kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini.”

Disampaikannya lebih lanjut “Semoga kegiatan ini lebih menyemarakkan perayaan HUT Kabupaten Kepulauan Yapen ke 53. Selain itu, laksanakan kegiatan ini dengan bersahabat dan mengedepankan rasa kebersamaan serta menciptakan Kota Serui yang ACIS sebagai Kota yang Aman, Kota yang Ceria, Kota yang Indah, dan Kota yang Sehat.”

“Bukan hanya sekedar terselenggara, tapi juga menanamkan Aku Cinta Serui, Aku Cinta Budaya Serui, dan Aku Cinta Generasi Muda Berbakat di Kabupaten Kepulauan Yapen.” Tutur Tonny Tesar.

“Dengan memohon pertolongan dari Tuhan yang Maha Kuasa, hari ini tanggal 04/03/2022 saya Bupati Kepulauan Yapen dengan resmi melepaskan Lomba Tari Yospan Jalan tingkat Sekolah dan Umum dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Kepulauan Yapen ke 53. Semoga Tuhan yang Maha Kuasa memberkati dan selalu melindungi kita semua, Terima kasih.” Tutup Bupati dalam sambutannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan oleh tiap-tiap Tim peserta yang melakukan Tari Yospan Jalan yang Start dari SD YPK II Imanuel Serui dan Finish di Alun-Alun Trikora Serui. Lomba Tari Yospan Jalan ini juga mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat dan banyak kalangan.

Perlombaan Tari Yospan Jalan ini menarik dikarenakan ada banyak Variasi Gerakan, Variasi Kustom, Variasi Aksesoris, dan Variasi Musik yang menghibur siapapun yang menontonnya.

Yospan Atau Yosim Pancar sendiri merupakan Tari Tradisional yang berasal dari Papua di bagian wilayah adat saireri yangmana mencakup masyarakat yang mendiami sekitar Teluk Cenderawasih meliputi Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Supiori, Kabupaten Waropen, Kabupaten Nabire bagian pantai, dan Khususnya Kabupaten Kepulauan Yapen yang merupakan asal dari Tarian Yospan ini. Yospan juga dikenal sebagai Tarian Persahabatan Khas Papua juga sekaligus Simbol Persatuan dan Penyemangat Hidup.

Jurnalis Indra SFB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here