44 Desa di Konawe Ikuti Pelatihan Sistem Keuangan Desa 2.0.4

274

SULAWESI TENGGARA — Untuk meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa, Puluhan Desa di Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara ikuti pelatihan sistim keuangan desa di Hotel Claro Kendari.

Sebanyak 44 desa yang tersebar di 6 kecamatan yakni Kecamatan Routa, Kecamatan Meluhu, Kecamatan Amonggedo, Kecamatan Pondidaha dan Kecamatan Wonggeduku Barat mengikuti pelatihan siskeudes selama 4 hari.

Pelatihan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 17 s/d 20 September 2021 yang diikuti oleh Sekdes, Kaur Keuangan Desa dan Operator Desa dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan perangkat desa dalam mengelola aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes)

Aplikasi siskeudes merupakan alat bantu yang diperuntukan untuk Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban secara komputerisasi.

Dalam pembukaan pelatihan sistem keuangan desa turut hadir kepala Dinas PMD Konawe Keny Yuga Permana, Koordinator Pengawas Bidang Akuntabilitas pemerintah daerah Saul Pabendon, Camat Routa, Camat Amonggedo, Camat Pondidaha, Camat Meluhu dan Camat Wonggeduku Barat serta Para Kepala Desa.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Konawe Keny Yuga Permana saat di konfirmasi menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan siskeudes dilatih langsung oleh BPKP.

Pelatihan tersebut diharapkan kepada sekdes, Kaur Keungan desa atau operator mampu melaksanakan atau mengoperasikan aplikasi seskeudes, yang mana selama ini desa masih menggunakan pihak ketiga.

“Saya berharap kepada Sekdes, Kaur Keuangan Desa dan Operator desa dapat Mengoperasikan aplikasi sistem keuangan desa dan kedepannya desa tidak lagi menggunakan pihak ketiga untuk mengoperasionalkan aplikasi siskeudes” ungkapnya

Sementara disisi lain siskeudes merupakan hal yang wajib dan masuk dalam program interpensi komisi pemberantasan korupsi (KPK), karena program ini merupakan Program pengelolaan keuangan yang berbasis aplikasi.

Sehingga dalam pembuatan APBDes dapat di input ke aplikasi siskeudes dan untuk diketahui bahwa saat ini aplikasi sistem keuangan desa telah naik versi yakni versi 2.0.4. (Helni)

Editor Publisher : Yopi Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here