Dalam Rangka HUT RI ke 76, Bupati dan Forkopimda Tanggamus, Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

377

TANGGAMUS – Sebagai rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76 Tahun 2021, Bupati dan Forkopimda Kabupaten Tanggamus mengikuti Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Tanggamus Dalam Rangka Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dari Gedung DPR RI, secara virtual meeting di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Tanggamus, Senin (16/8/2021).

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan didampingi para Wakil Ketua DPRD Tanggamus dan diikuti Anggota DPRD Tanggamus, dari Ruang Sidang DPRD Kabupaten Tanggamus.

Dalam pidatonya Presiden RI Joko Widodo yang mengenakan Pakaian Adat Suku Badui tersebut, menyampaikan bahwa pandemi Covid 19 seperti kawah candradimuka yang merupakan tantangan sekaligus mengasah dan menguji kebersamaan bangsa Indonesia.

“Itulah proses untuk bangsa yang tahan banting dan kokoh dalam setiap pertandingan. Kemerdekaan ini merupakan perjuangan keras bangsa, termasuk setiap resesi yang telah mampu dijalani bangsa setelah kemerdekaan.”

“Adaptasi terhadap kebiasaan baru saat ini telah merubah cara-cara kehidupan bangsa untuk semakin kreatif dan inovatif menghadapi Revolusi Industri 4.0. Kapasitas lembaga negara menjadi responsif dan konsolidatif selama pandemi. Birokrasi pusat hingga desa bergerak terpadu dalam penanganan Covid-19. Saya meyakini, dengan sikap responsif itu, akan memperkokoh ketahanan bangsa,” ujarnya.

Lebih lanjut Presiden mengatakan upaya pembangunan infrastruktur terus dilanjutkan untuk menyatukan bangsa sekaligus mempermudah akses perekonomian. Meskipun Presiden mengakui bahwa pandemi telah menghambat pertumbuhan ekonomi, namun pemerintah tetap fokus pada perekonomian masyarakat dan investasi.

“Realisasi investasi sekitar Rp.442 triliun dimana 51 persen ada di Pulau Jawa yang telah menyerap 600 ribuan tenaga kerja. Kolaborasi dalam dunia usaha akan membangun usaha yang berbasis teknologi,” terangnya.

“Mari kita saling menjaga dan saling membantu. Saya juga menyadari banyaknya kritikan terhadap pemerintah yang belum mampu menyelesaikan semuanya. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, hanya bisa dilakukan secara bersama-sama dalam rangka meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan,” pungkas Presiden Jokowi.

Rapat Paripurna Istimewa itu juga diikuti oleh Pimpinan Instansi Vertikal, para Kepala OPD, Camat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ketua Darma Wanita Persatuan, Pimpinan BUMD, Ormas, dan Organisasi Keagamaan di Kabupaten Tanggamus, secara vitual meeting dari ruang kerjanya masing-masing. (Mirhan Samsi)

Editor Publisher : Yopi Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here