Desa Gunung Batu Kecamatan Cempaka Terancam Hilang, Masyarakat Harapkan Segera Adanya Bantuan Bronjong

2831

OKU TIMUR – Metro Nusantara Nesw Sudah Puluhan tahun Tepian Sungai Komring tak kunjung dibangun bronjong oleh Pihak Pemerintah. Minggu (03/10/2021)

Desa Gunung Batu Kecamatan Cempaka khawatir desanya akan hilang akibat tidak ada penahan tanah,yang dapat mengakibatkan longsor digerus oleh arus sungai yang melintasi desa Gunung Batu Kecamatan Cempaka Kabupaten Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (Oku Timur) ini.

“Menurut salah satu Warga kami khawatir desa kami akan hilang sebelah tegerus sungai.seperti terlihat rumahnya Pak Kadus Imron, Beberapa Tiang Rumahnya sudah dipinggir sungai, Untuk itu segera butuh dibangun bronjong,” pinta masyarakat, seraya memperlihatkan tanah longsor yang semakin menggerus rumah warga.

“Hasanuddin Kepala Desa Gunung Batu mengatakan Pihaknya akan meminta Pemerintah Daerah ataupun Pemerintah Provinsi agar dapat Segera Meninjau langsung kelokasi,agar dapat menganggarkan untuk pembangunan bronjong penahan arus sungai Sepanjang 350 meter,Karna sudah dalam 2 tahun ini berapa rumah yng tergerus arus Sungai,

Karna dampak dari tanah longsor ini akibat tergerus sungai tersebut menyebabkan rumah warga sepanjang Desa Gunung Batu nyaris ambruk kesungai.

“Kami minta kepada pemangku kebijakan dapat memberikan solusi untuk warga Desa Gunung Batu Kecamatan Cempaka Kabupaten Oku Timur.

Desa Gunung Batu ini sebelumnya pernah di bangun bronjong tahun 2020 yang lalu, panjang hanya -+40 Meter dengan menggunakan batu Belah.

“Menurut keterangan Masyarakat Bronjong Desa Gunung Batu kami tidak tau yang membangun siapa. Dulu waktu membangun penahan sungai di Desa Gunung Batu tahun 2020 tidak tau dananya dari mana,kata wara desa Gunung Batu.

Sementara itu, Joni Ketua Lsm Lpi Tipikor mengatakan Tepian Sungai Komring Saat ini sangat Memprihatinkan. Dengan kondisi saat ini Desa Gunung Batu yang semakin hari semakin menyempit akibat longsor tergerus sungai.

Untuk itu, Joni mengatakan dengan melihat kondisi ini harus dicarikan solusi, kalau memang daerah tidak mampu, bila perlu kita undang pihak P.U Provinsi, agar apa yang kita sampaikan ini dapat dilihat langsung dan dapat segera langsung dibangun Bronjong oleh Pemerintah Provinsi maupun Pusat.

“Semoga ada solusi untuk membangun penahan sungai ini, dan kepada warga yang bermukim di sepanjang sungai Komering agar waspada saat cuaca ekstrim, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. ( Jhoni )

Editor Publisher : Yopi Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here