Dicari Wartawan Oposisi Batubara “Menurut Jhon tabbel: Pekerjaan Wartawan bukan sekedar Karier”

489

(Oleh Irwansyah Nst)

Metronusantaranews.comBatu Bara_Sumut
Judul diatas tak ada hubungannya dengan lowongan kerja apalagi dikaitkan dengan politik praktis,  sekilas menimbulkan interpretatif banyak arti ,untuk mencernanya kadang orang bisa keseleg celekukan ha..haa.

Dunia kewartawanan  tak habis bila dibahas, kenapa? sepanjang dunia masih terbentang manusia dan peristiwa  tetap  ada dan dicatatkan para wartawan.
Bekerja dunia kewartawanan diperlukan kesetiaan kejujuran terhadap sebuah peristiwa, wartawan itu menurut Jhon Tebbel seorang Profesor jurnalis menyebut , pekerjaan wartawan itu bukan sekedar karier namun sesuatu yang lebih hebat dari itu Way of Life cara untuk hidup dan bertahan dari segala kesulitan dalam menghadapi tantangan  dari pekerjaannya.

Saat ini profesi wartawan lebih banyak dimudahkan dalam hal membuat pemberitaan, terutama era digitalisasi semua berita serba cepat saji beda sekali wartawan dahulu yang tak memiliki akses seperti saat ini.

Lalu apa yang menarik dari “Wartawan Oposisi”
Apa yang di tawarkan wartawan kepada penikmat berita saat sajian yang disampaikan lebih banyak saduran berita  rilis ketimbang penggalian fakta berita, disini yang menjadi pertaruhan gengsi para  jurnalis dalam sajian berita, ibarat sang koki yang memastikan sajian makanannya digemari banyak orang meski kerja sedikit extra dalam penulisan berita.

Teman saya selalu mengatakan sudahlah yang penting berita sudah tayang target tercapai .sikap teman wartawan itu ingin memberikan kesan bahwa apa yang dia tulis tak banyak merobah keadaan, justru ini persepsi yang salah dalam tujuan pemberitaan karena peran pers tidak saja menjadi sekedar informasi namun lebih jauh dapat merubah keadaan dari yang tak diinginkan menjadi yang diinginkan masyarakat Batubara,  pers yang oposisi yaitu pers yang mampu membuat kebijakan dari yang tak pro rakyat menjadi pro rakyat.

Oposisi jurnalis selalu tunduk pada kode etik jurnalis seperti yang dijelaskan dalam UU no 40 pokok pers tahun 1999.semangat dari UU ini yang menuntun para wartawan dalam menuliskan berita, ,jadi sebenarnya oposisi bagi wartawan adalah pilihan ideal karena apa ?, karena mengambil tempat yang lain dari kekuasaan agar posisi wartawan bisa lebih obyektip dalam .penyajian pemberitaan makanya pentingnya kita hidupkan ” Wartawan Oposisi”bagaimana menurut anda Hem…

Penulis adalah pengamat sosial dan politik Batubara
Ketua POKDAR Kamtibmas Bhayangkara Batubara.(Sp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here