DPRD Kepulauan Yapen SIAP MENGAWAL Aspirasi dan Tuntutan Masyarakat Wilayah Adat Saireri untuk “Pemekaran DOB Provinsi KPU”

239

METRONUSANTARANEWS.COM – Yapen | Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Yapen menerima Aspirasi Masyarakat Wilayah Adat Saireri dan menanggapi dengan menyatakan sikap “DPRD Siap Bekerja untuk Keinginan Rakyat !!!” dihadapan ribuan massa yang menduduki Kantor DPRD sedari pagi menjelang siang hari, Rabu (20/04/2022)

Seusai Deklarasi Dukungan Pemekaran DOB Provinsi KPU di Hadapan Kantor DPRD masyarakat dan sekaligus memberikan Pernyataan Sikap. Kesempatan berikut mendengarkan Sikap Politik dan Tanggapan DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen.

DPRD Kepulauan Yapen terbuka dan menanggapi serius Gerakan Deklarasi ini dengan tetap berpegang teguh terhadap rasa nasionalisme untuk kepentingan rakyat.

Sebelum menanggapi aspirasi yang dideklarasikan, Ketua DPRD Kepulauan Yapen Yohanis G. Raubaba, S.Sos yang didampingi Ketua-ketua Fraksi dan Anggota, menuturkan “Luar biasa, hari ini walaupun membicarakan hak masyarakat Papua, nampak Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter masih dibentangkan.”

Kami melihat bahwa gerakan ini tetap masih berada dibawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk menunjukkan rasa nasionalisme kita, saya mengajak untuk mari kita sama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai bentuk hormat kita kepada NKRI dan juga Hak Orang Papua”

Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Ketua DPRD Kepulauan Yapen Yohanis G. Raubaba, S.Sos menanggapi “Semangat dan Aksiini bukanlah hal yang baru, karena sebelumnya pada 12 Desember 2012 silam, Aspirasi meminta Pemerintah Pusat untuk memekarkan DOB Privinsi Saireri ini sudah disampaikan di Alun-alun Trikora Serui. Tidak sampai disitu pada 09 September 2019 dan 28 Oktober 2021 aspirasi ini kembali hadir di pertemuan di Kabupaten Biak Numfor.”

Lebih lanjut Ketua DPRD Yohanis G. Raubaba mengatakab “Pada 07 September 2021 saya bersama Asosiasi Bupati Wilayah Saireri dan juga terkhusus Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S.Sos ditujukan untuk komunikasi dan Dialog Bersama Komisi II DPR RI maka pada 28 Maret 2022 aspirasi ini telah kami sampaikan kepada Balegnas DPR RI juga pada 29 Maret 2022 dengan Kepala Staf Kepresidenan dan 31 Maret 2022 dengan Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri di Jakarta.”

“Karena itu seluruh aspirasi masyarakat hari ini yang merupakan representasi dari keinginan seluruh masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Yapen, Waropen, Biak Numfor, Supiori, dan Nabire. Sehingga selesai ini akan segera kami DPRD bahas dan rapatkan.” Tutur Ketua DPRD Kepulauan Yapen Yohanis G. Raubaba, S.Sos

Ketua DPRD Yohanis G. Raubaba, S.Sos kembali menjelaskan “Karena ini terkait wilayah yang juga di dalamnya ada keterwakilan DPRD juga, sehingga distribusi dari lembaga mengharuskan kami komunikasi dengan DPRD yang ada di wilayah adat saireri lainnya, yang mana juga merasakan hal yang sama sebagaimana yang telah Dideklarasikan hari ini, oleh sebab itu perlu kombinasi serta kordinasi bersama dan segera untuk ditindaklanjuti.”

“Sebagai Wakil Rakyat kami segera rapatkan hal ini dan hasilnya akan kami sampaikan kepada Ketua TKD PPKPU untuk meneruskan kembali agar kordinasi ini terus ada dan kami juga akan menyampaikan kepada seluruh Pemerintah Daerah yang ada di Wilayah Adat Saireri serta meminta kepada Pemda untuk memberi fasilitasi kepada perwakilan yang akan ikut ke Jakarta untuk menyampaikan aspirasi ini. Dengan ini akan kami buktikan DPRD Siap Bekerja Untuk Keinginan Rakyat” tutup Yohanis G. Raubaba, S.Sos

Reporter : Indra SFB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here