H. Sulwan Aboenawas Kukuhkan Pengurus Forum UMKM Kolaka Timur Periode 2022 – 2024.

319

Metronusantaranews.com – Kolaka Timur – Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si mengukuhkan pengurus forum UMKM Kabupaten Kolaka Timur Sulawesi Tenggara periode 2022 – 2024, di ruang rapat bupati lantai 3, Kamis (24/2/2022).

Dalam pelaksanaan kegiatan pengukuhan pengurus forum UMKM Kolaka Timur tersebut turut dihadiri dan disaksikan oleh ketua DPRD Kolaka timur, Suhaemi Nasir, Ketua Forum UMKM Prov. Sultra, serta para asisten, staf ahli, Pimpinan OPD yang sempat hadir, serta perwakilan dari Bank Indonesia dan Bank Sultra.

PJ Bupati Kolaka Timur, dalam sambutannya menjelaskan bahwa undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja, tentunya dapat mendorong seluruh sektor usaha untuk menjalankan usahanya, tidak hanya itu, UMKM di tuntut untuk terus berjalan walaupun ditengah kondisi pandemik covid 19 melanda khususnya di Kolaka Timur.

Mantan camat Wawotobi, juga menyampaikan kepada para pelaku UMKM diharapkan mampu bersaing secara sehat baik sesama pelaku UMKM maupun dengan para investor nasional.

Menurut Sulwan Aboenawas, pelaku umkm mesti membutuhkan banyak informasi, baik informasi pasar, kemitraan dan permodalan, tak hanya itu di kabupaten kolaka timur memiliki lebih dari 300 (tiga ratus) umkm, baik disektor perdagangan, pangan olahan, industri kecil menengah dan lain-lain.

“dengan dikukuhkannya pengurus forum UMKM Kolaka timur dapat menjadi wadah untuk saling bertukar informasi pasar, kemitraan dan permodalan” kata mantan kadis PMD Konawe dalam sambutannya.

Masih, Sulwan, begitu sapaan akrabnya, menyebutkan realisasi investasi berdasarkan data dinas penanaman modal dan PTSP untuk tahun 2021 yang lalu.

“Sebanyak Rp 194.589.031.592 realisasi investasi tahun 2021 semuanya bersumber dari UMKM” ungkapnya

Lanjut, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelaku umkm di kolaka timur yang turut membantu roda perekonomian daerah, walaupun di tengah pandemik covid-19.

“saya berharap semoga pandemik covid 19 ini cepat berlalu sehingga para pelaku umkm di kolaka timur dapat terus menjalankan dan mengembangkan kegiatan usahanya” tutup PJ Bupati Kolaka Timur.

Diketahui, usai PJ Bupati Kolaka Timur lakukan pengukuhan terhadap pengurus Forum UMKM periode 2022 – 2024, dilanjutkan dengan penguatan kapasitas bagi seluruh pengurus forum UMKM Kolaka timur sehingga kedepannya dapat diaplikasikan dengan baik pada kegiatan usaha masing-masing. (*)

Laporan : Helni Setyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here