Hut Emas Ikatan Kerukunan Toraja Ke 50, Dimeriahkan Tari Pa’gellu sampai Ma’Toding, Bupati Tonny Tesar beri Apresiasi

965

METRONUSANTARANEWS.COM | YAPEN, Meriahkan Setengah Abad, Hari Ulang Tahun Ke-50 Ikatan Kerukunan Toraja (IKT) Kabupaten Kepulauan Yapen, masyarakat Suku Toraja tampilkan berbagai Kesenian Daerah. Kegiatan berlangsung di Tongkonan KPR Serui, Sabtu (10/09/2022).

Puncak Acara HUT IKT, Dihadiri Bupati Tonny Tesar, S.Sos didampingi Ketua DPRD Yohanis G. Raubaba, Sos dan Sekda Kepulauan Yapen Erny R. Tania, S.IP, Forkompinda, Anggota DPRP Papua Boy Markus Dawir, Pimpinan OPD, Ketua Ikemal, Sekretaris KKSS, dan Paguyuban lainnya. Sementara dari Pengurus, hadir Ketua IKT Roy Palunga, Sekretaris IKT Pieter Pulung, Pengurus IKT, serta ribuan masyarakat Suku Toraja.

Puncak perayaan Hut IKT disemarakan dengan Parade Budaya Suku Toraja oleh 7 Rayon di Kepulauan Yapen. Selain itu digelar juga berbagai Menu Makanan Adat, sampai perhiasan suku Toraja.

Puncak Semarak Hut ini, dipersembahkan juga Tari Pa’Gellu yang merupakan tarian khas adat suku toraja, kemudian dilanjutkan dengan Acara Ma’Toding.

Tari Pa’Gellu merupakan tarian tradisional masyarakat Suku Toraja, tarian ini bersifat hiburan serta dibawakan oleh beberapa penari wanita dan diiringi oleh musik tradisional yang khas.

Dijumpai, Piter Pulung selaku Ketua Panitiam menuturkan bagi masyarakat Suku Toraja, tarian ini dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur akan kebahagiaan yang telah didapatkan.

Hal tersebut terlihat dari ekspresi para penari dengan wajah penuh senyum yang melambangkan keceriaan dan kegembiraan.” ucap Piter

Nampak Dua alat musik yang ditabuh oleh empat anak muda untuk mengiringi penari-penari cantik Pa’gellu tersebut. Alat musik yang digunakan tersebut merupakan alat musik tradisional berupa gendrang khas Toraja, serta atraksi oleh salah satu penari yang lihai menari gemulai di atas gendrang tersebut.

“ini merupakan salah satu ciri khas dari Tari Pa’Gellu” tandas Piter Pulang

Semarak Kegiatan HUT Ke 50 IKT juga dimeriahkan dengan Ma’ Toding yaitu memberikan uang (saweran) kepada penari dengan cara menyelipkan uang pada rambut atau Ikat kepala si penari.

Bupati Tonny Tesar, S.Sos didampingi Ketua DPRD Yohanis G. Raubaba, Sos dan Sekda Kepulauan Yapen Erny R. Tania, S.IP besar Forkompinda turut melakukan Ma’Toding, dan disambut tepuk tangan Undangan dan Ribuan masyarakat Toraja yang hadir.

Usai melaksanakan Ma’Toding, Bupati bersama Forkompinda melanjutkan ke Tongkonan Rayon untuk melihat dan memberikan penilaian langsung, untuk nantinya Rayon mana yang terpilih sebagai juara kriteria Tongkonan Terbaik.

Informasi yang diperoleh Ma’toding buat penari Pa’gellu’ pemberian uang dalam jumlah yang seiklasnya yang ma’toding dan uang itu menjadi milik penari Pa’gellu. (Red)

Editor : mahyus_arafath

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here