Kegiatan Sanlat SDN 01 Kota Baru Diisi Dengan Pengajian dan Tausiah Siraman Rohani

168

MNN-WAY KANAN_Sekolah Dasar Negeri 01 Kota Baru kecamatan Negeri Agung melaksanakan kegiatan pesantren kilat(Sanlak)pada tanggal 11 sampai 16 April 2022.

 

 

Fikri Maksum kepala sekolah SDN 01 Kota Baru yang juga menjabat sebagai ketua K3S SD kecamatan Negeri Agung kepada media menjelaskan,pelaksanaan Sanlak diisi dengan kegiatan pengajian dan tausiah siraman rohani keagamaan.

 

 

Pesantren kilat atau disingkat dengan Sanlat menjadi salah satu kegiatan keagamaan yang rutin dilakukan setiap tahun oleh lembaga pendidikan, tepatnya pada bulan ramadhan.

 

 

Pada bulan Ramadan 1443 H atau tahun 2022 sebagai mana anjuran dari K3S SD kabupaten Way Kanan untuk Sanlak dilaksanakan serentak pada 11 -16 April 2022.

 

 

Tapi sebenarnya apa pengertian, tujuan dan manfaat dari kegiatan tersebut? lalu bagaimana rangkaian acaranya?

 

 

 

Definisi Pesantren Kilat:Untuk mengenal apa pengertian pesantren kilat, pesantren kilat berasal dari dua susunan kata atau istilah, yakni pesantren dan kilat. Pesantren sendiri merupakan sebuah lembaga pendidikan keagamaan yang mengajarkan materi-materi berpedoman dari Al-Quran.

 

Sedangkan kilat bisa diartikan sebagai suatu aktivitas yang dilakukan dalam waktu yang singkat atau cepat. Jadi pesantren kilat adalah kegiatan keagamaan yang dilakukan secara singkat, dan dilakukan rutin di bulan ramadhan oleh lembaga pendidikan untuk memotivasi para peserta didik di lingkungan sekolah, dengan mengajarkan beberapa pelajaran penting. Bagi peserta didik yang beragama Islam, kegiatan ini wajib untuk diikuti.

 

Tujuan dan Manfaat Pesantren Kilat:Pesantren kilat ramadhan secara tidak langsung memberikan manfaat bagi para peserta didik ataupun para warga sekolah. Tujuan diadakannya kegiatan sanlat ini sendiri adalah agar menjadikan peserta didik lebih paham agama serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Fikri Maksum dalam penyampayan nya juga berpesan kepada Siswa/i agar selalu meningkatkan ibadah apalagi pada bulan suci ramadhan bulan yang penuh berkah dan ia berharap kepada wali murid agar kiranya dapat bahu membahu membimbing kegiatan kegiatan positip kepada anak anak kita,”Mari kita sama sama memberi dan menjadi contoh suri tolandan kepada anak anak kita dengan melaksanakan Ibadah dan kegiatan kegiatan positip”,Jelasnya.(Deta Suryana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here