KOMPAS USU BERSAMA AMPHIBI LAKUKAN PENANAMAN POHON DI HULU SUNGAI DELI

270

METRONUSANTARANEWS,COM.Sibolangit, Korps Mahasiswa Pencinta Alam dan Studi Lingkungan Hidup (KOMPAS) USU melakukan kegiatan penanaman di Hulu Sungai Deli bersama Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3 Indonesia (AMPHIBI) dalam Rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada,
Sabtu (05/06/2021).

Dalam Kegiatan ini Kompas USU bersama AMPHIBI berkolaborasi dengan BPDASHL Wampu – Sei Ular dengan melibatkan masyarakat di Desa Bukum-Sibolangit yang mana bertujuan untuk menjaga bagian Hulu Sungai Deli.

Terdapat 1000 pohon yang ditanam dengan berbagai jenis, diantaranya Durian, Alpukat, Jengkol, Petai, Pucuk Merah, Ketapang Cina dan Nangka yang ditanam bersama masyarakat setempat disekitar bantaran sungai.

KOMPAS USU adalah salah satu organisasi pencinta alam yang ada di Universitas Sumatera Utara. Selain kegiatan petualangan KOMPAS USU juga ikut serta dalam menjaga dan melestarikan alam. Sebagai salah satu bentuknya adalah gerakan menaman pohon di Hulu Sungai Deli.

Melalui gerakan penanaman pohon di Hulu Sungai Deli ini diharapkan dapat melestarikan lingkungan khususnya Daerah Hulu Sungai Deli selain itu juga menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat akan pentingnya pohon.

M Rezky Mahendra selaku Ketua Umum KOMPAS USU menyatakan “Penanaman ini dilakukan untuk melestarikan alam selain itu komoditi yang ditanam juga pohon buah (produktif) yang nantinya dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat”

Masyarakat setempat juga cukup antusias dalam menyambut kedatangan KOMPAS USU dan AMPHIBI.
Kepala Desa Bukum Komri Martinus melalui Harapanta Barus selaku Sekretaris Desa Bukum mengucapkan “Terimakasih kepada Kompas USU dan AMPHIBI yang telah menyerahkan bantuan bibit kepada masyarakat untuk ditanam dalam upaya melestarikan lingkungan hidup.

“Kami berharap apa yg di tanam dapat meningkatkan perekonomian” ucap Harapanta Barus.

Ditempat terpisah Ketua Umum AMPHIBI Agus Salim Tanjung So,Si yang memimpin acara HLH di Pantai Bagan Serdang menyatakan bahwa Aksi Hari Lingkungan Hidup Sedunia ke 49 ini adalah kegiatan rutin AMPHIBI dalam tiap tahunnya.

Penanaman pohon di hulu sungai deli adalah sebagai tindak lanjut dari Aksi Amphibi di Sungai Deli dalam perbaikan lingkungan hidup dalam memberi solusi Banjir di Kota Medan, “tutup AST.
(red-amphibi)

Markoni Jp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here