Pemkab Way Kanan Gelar Musrenbang Tahun 2022 Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2023

120

Way Kanan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan menggelar Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Way Kanan Tahun 2022 bertempat di gedung serba guna (GSG) Pemkab setempat, Jum’at (25/03/2022).

Acara tersebut turut dihadiri oleh, Gubernur Lampung diwakili Asisten Umum Pemerintah Kabupaten Lampung, Drs.Minhairin, Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul,para Staf Ahli Bupati, para Asisten Setda, Inspektur Daerah Kabupaten, Sekretaris DPRD, Kepala SKPD, Kepala Bagian Setdakab,Direktur RSUD Zainal Abidin Pagar Alam dan juga turut hadir secara virtual, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Hj. Dessy Afriyanti Adipati, Ketua II TP PKK, Vorian Melita Saipul serta Camat se-Kabupaten Way Kanan.

Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya menyampaikan Musrenbang Kabupaten Tahun 2022 merupakan bagian penting dari system perencanaan pembangunan Nasional sebagai upaya untuk mewujudkan sinergitas pembangunan dari tingkat Kampung, Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

Melalui Musrenbang ini pihaknya akan menentukan arah kebijakan dan program pembangunan tahun 2022 untuk menjawab berbagai persoalan aktual yang dirasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu masukan peserta akan sangat berharga dan memiliki arti penting bagi upaya meningkatkan kualitas RKPD Tahun 2023.

RKPD Kabupaten Way Kanan tahun 2023 merupakan tahun ketiga pelaksanaan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Way Kanan tahun 2021-2026. Dokumen RKPD disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran. RKPD mempunyai peranan strategis dan penting, secara formal menjadi landasan penyusunan kebijakan umum Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (KUA APBD), Prioritas dan Plafon.

Oleh karena itu dalam menyusun program prioritas pembangunan harus lebih realistis sesuai permasalahan aktual yang yang hadapi serta memiliki dampak kemanfaatan publik, Prioritas dan sasaran yang dirumuskan dalam RKPD tahun 2023 hendaknya dapat memecahkan permasalahan dan isu strategis pembangunan dengan memperhatikan hasil evaluasi capaian kinerja pembangunan periode sebelumnya dan memperhatikan isu isu strategis yang berkembang saat ini.

Lebih lanjut Adipati menjelaskan dengan memperhatikan tema dan prioritas RKP dan RKP Provinsi tahun 2023, Kemudian memperhatikan Visi dan Misi RPJMD Way Kanan 2021-2026 yang saat ini dalam proses yaitu Way Kanan Unggul dan Sejahtera dengan Misi 4 tahun kedepan akan mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik, Meningkatkan kualitas lingkungan hidup dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, Meningkatkan kualitas kehidupan, Masyarakat dan kompetensi sumberdaya manusia daerah, Meningkatkan perekonomian daerah berbasis kawasan didukung ketersediaan infrastruktur.

Maka tema rencana kerja pembangunan daerah Kabupaten Way Kanan tahun 2023 yaitu, Meningkatkan pembangunan sumber daya manusia, Pemulihan ekonomi, Reformasi birokrasi, dan Meningkatkan Kualitas lingkungan hidup yang didukung ketersedian infrastruktur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here