Plt Sekda Erny R. Tania : Perpunas RI melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kepulauan Yapen akan Hadirkan Layanan Ekstensi Pocadi (Pojok Baca Digital)

473

Metronusantaranews.com – | Hadiri Undangan Perpustakaan Nasional RI, Plt. Sekda Erny R. Tania, S.IP bersama Ketua DPRD Yohanis G. Raubaba, S.Sos langsung disambut Pihak Perpustakaan Nasional RI.

Hadir dalam pertemuan tersebut Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Drs. Deni Kurniadi, MH., didampingi Dr. Upriadi sebagai Pengelola DAK Perpunas RI., Juga Rita Koordinator Pengembangan Perpustakaan Umum. Jakarta (16/03/2022)

Melalui penyampaian Pesan Voice WhatsApp, Plt. Sekretaris Daerah Erny R. Tania, S.IP., menjelaskan beberapa Point dari hasil Pertemuan dengan Pihak Perpunas RI.

PERTAMA, Pihak Perpunas RI Drs. Deni Kurniadi, MH ucapkan terima kasih atas komunikasi yang sudah terbangun selama ini dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Ibu Manderi yang menjabat, sudah diberikan bantuan Perpunas RI melalui DAK. Beberapa bantuan sudah didapatkan 1 unit Mobil, 500 buku dengan variasi judul, buku pada Lembaga Permasyarakatan Serui, dan juga buku-buku bacaan untuk 2 kampung (Ambai II dan Rambai).

Banyak sekali bantuan yang dapat diberikan ke Kabupaten Kepulauan Yapen kedepan, disampaikan Deni Kurniadi pada Pertemuan tersebut.

KEDUA, Pihak Perpunas RI menjanjikan di Tahun 2023 kedepan banyak bantuan akan diberikan ke Kabupaten Kepulauan Yapen. Diantaranya Pembangunan Gedung Perpustakaan, Perabotan Layananan Perpustakaan, dan Pengadaan Teknologi informasi, serta Program Pojok Baca Digital (Pocadi). Untuk program Pocadi sendiri Pihak Perpunas RI akan melengkapi Seluruh dari perabotan, 500 judul buku, 4 unit Komputer, dan seluruh kelengkapan lainnya, akan di pasang dimana Pemda tentukan nantinya.

KETIGA, bantuan Buku Bacaan untuk komunitas. Dimana Komunitas dapat bersurat ke Pemda melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen dan diteruskan ke Perpunas RI dilampiri Proposal Komunitas tersebut. Perpunas RI akan memberikan Bantuan buku-buku bacaan yang diperlukan.

Plt. Sekda Erny R. Tania, S.IP melanjutkan semua bantuan berupa DAK tadi, sudah dapat dimasukan paling lambat akhir April 2022 ini. Karena awal Mei 2022 Perpunas sudah melakukan seleksi Document untuk layak dan tidaknya mendapatkannya.

“Pihak Perpunas RI sudah memberikan beberapa persyaratan yang harus kami lengkapi” tutup Erny R. Tania, S.IP

Usai pertemuan, Perpunas RI melalui Kepala Deputi juga memberikan Cendramata berupa 2 buah buku untuk Pemda dan Legislatif.

Program “Pocadi” sendiri bertujuan untuk menggerakkan dan menumbuh kembangkan minat baca pada semua lapisan masyarakat juga meningkatkan dan mengembangkan pola pikir serta cakrawala pengetahuan bagi masyarakat.

Pocadi merupakan perpustakaan dengan format buku digital (e-book) dan layanan buku tercetak diharapkan bisa mendorong peningkatan budaya literasi di masyarakat. (***)

 

Report : mys.arafath

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here