Puluhan Aparatur Desa Se-Kecamatan Routa Ikuti Pelatihan Sistim Informasi Desa

76

SULAWESI TENGGARA – 18 Aparatur Desa Se-Kecamatan Routa kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara ikuti pelatihan sistim informasi desa (SID) di Plaza Inn Hotel Kendari, dengan tagline “digitalisasi desa mewujudkan transformasi menuju Indonesia maju”

Pelaksanaan kegiatan pelatihan sistim informasi desa yang digelar pada 22 – 25 September 2021 dan diikuti Para kepala desa yakni desa Paradongka, desa Tirawonua, desa tanggola, desa Walandawe, desa puuwiwirano , desa lalomerui dan sekertaris desa serta kaur keuangan desa atau operator desa Se-Kecamatan Routa.

Pentingnya sistim informasi desa yang merupakan sistim aplikasi yang berbasis komputer untuk membantu mengelola informasi yang berkaitan dengan kantor desa, seperti administrasi kependudukan, pelaporan, perencanaan, pengelolaan aset, layanan publik, pengelolaan anggaran dan lain sebaginya.

Bahkan penggunaan sistim informasi desa yang berbasis aplikasi dapat memberikan Manfaat bagi desa itu sendiri, seperti kantor desa lebih efisien, efektif, lebih transparan, lebih akuntabel, layanan publik lebih baik dan warga mendapat akses informasi desa yang lebih baik.

Camat Routa Halim, S.IP dalam sambutan penutupan Kegiatan pelatihan sistim informasi desa menjelaskan bahwa pihaknya berharap besar kecamatan routa dapat berubah sesuai visi misi presiden republik Indonesia tentang informasi dan teknologi sangatlah penting bahkan dikuasi untuk bersaing secara global.

Pihaknya juga berharap kepada seluruh peserta agar pelatihan tersebut dapat diiplementasikan dilapangkan untuk membantu kepala desa untuk percepatan Pembangunan dan pelaporan kegiatan desa.

“Saya berharap besar kepada seluruh peserta pelatihan sistim informasi desa agar mengimplementasikan dilapangan untuk membantu kepala desa dalam percepatan dan pembangunan desa” ungkapnya.

Lebih lanjut, dengan pelatihan sistim informasi desa dapat menciptakan kader baru khususnya di kecamatan Routa yang memiliki potensi sumberdaya manusia yang memadai untuk dapat mengakses dan melakukan pelaporan-pelaporan secara elektronik di tingkat desa, mengingat wilayah routa kecamatan routa cukup jauh dari ibu kota.

Kepala dinas PMD Kab. Konawe Keny Yuga Permana juga menambahkan dalam sambutannya bahwa para sekertaris desa dan operator desa yang di bantu oleh kepala desa bagaimana dapat menyelesaikan database untuk program sistem informasi desa agar outputnya jelas sehingga masyarakat dapat mengakses sistim informasi yang lebih baik.

Jika tidak diselesaikan databasenya maka masyarakat setempat tidak dapat berurusan dengan desa secara Online, karena di kecamatan routa kedepan jaringan internet dapat diakses dengan baik.

Merujuk pada visi misi Jokowi bahwa tidak ada lagi Masyarakat yang tidak dapat mengakses informasi dan teknologi, sehingga menjadi prioritas utama bagi pemerintah bagaimana desa-desa yang ada di pelosok tersebut dapat menikmati jaringan internet.

Selanjutnya, untuk internet desa para kepala desa bisa menawarkan produk-produk unggulan yang ada didesa agar masyarakat umum dapat mengetahui potensi yang ada di kecamatan Routa melalui sistim informasi desa tersebut.

Pihaknya juga berharap agar para operator desa untuk lebih aktif dalam mengupdate secara terus menerus terkait data yang ada di desa, sehingga dapat diakses oleh masyarakat umum terkait potensi desa melalui Sistim Informasi Desa berbasis aplikasi komputer. (Helni)

Editor Publisher : Yopi Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here