Puluhan Penerima Manfaat di Desa Ambapa Terima BLT-DD

Sulawesi Tenggara - Pemerintah Desa Ambapa Kecamatan Tinondo Kabupaten Kolaka Timur Sulawesi Tenggara telah menyalurkan bantuan langsung tunai kepada 11 keluarga penerima manfaat, Senin 1/11/2021.

Penyaluran BLT-DD dilaksanakan di balai pertemuan desa Ambapa kepada 11 KPM untuk salur 10 sebesar Rp. 3.300.000 dan dihadiri sekaligus disaksikan oleh pendamping desa serta tokoh masyarakat.

[caption id="attachment_7600" align="alignnone" width="300"] Foto :Kepala Desa Ambapa, Saidin Baranggali[/caption]

Kepala desa Ambapa, Saidin Baranggali saat ditemui dikediamannya mengungkapkan bahwa jumlah penerima BLT DD tahun 2021 berbeda dengan jumlah penerima tahun anggaran 2020, dimana data penerima manfaat untuk tahun 2020 berjumlah 49 KPM sedangkan penerima manfaat tahun 2021 berjumlah hanya 11 KPM.

Dirinya juga menjelaskan bahwa penyebab terjadinya perbedaan jumlah keluarga penerima manfaat dari tahun sebelumnya kerana penerima manfaat tersebut yang tidak lagi terdaftar sebagai penerima BLT DD sudah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial yang bersumber dari Kemensos dan bantuan sosial lainnya.

Pensiunan tentara Nasional Indonesia ini juga menambahkan dengan adanya bantuan langsung tunai tersebut, masyarakat khususnya di desa Ambapa sangat terbantu ditengah pandemik covid 19 bahkan ditambah dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat dari pemerintah.

Selanjutnya, dirinya berharap agar situasi pandemik covid 19 yang melanda bangsa Indonesia dan memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap masyarakat terutama perekonomian baik ekonomi keluarga maupun perekonomian kabupaten Kolaka timur pada khususnya.

"Saya berharap covid 19 ini segera berakhir supaya masyarakat dapat beraktivitas seperti biasanya tanpa ada pembatasan" ungkap Saidin

Kemudian dalam penggunaan dana desa untuk tahun 2021 lebih fokus pada pemenuhan ekonomi masyarakat sesuai peraturan menteri desa nomor 13 tahun 2020 tentang penggunaan dana desa tahun 2021. (Helni Setyawan)