Puncak HUT GMBI Ke-20 Tahun Distrik Lamsel Dengan Tema “GMBI Peduli”

512

Metronusantaranews.com

LAMPUNG SELATAN – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) yang ke 20 tahun, LSM GMBI Distrik Lampung Selatan gelar do’a dan shalat bersama.

Bertempat di Sekretariat LSM GMBI Lamsel dijalan Lintas Sumatera Kelurahan Way Urang Kecamatan Kalianda Lampung Selatan (Lamsel), Sabtu 26 Maret 2022.

Turut hadir, Ketua GRANAT Lamsel Rusman Efendi, SH, MH, Politisi PAN Lamsel Budi Setiawan yang juga tergabung dalam Prosedium AMHLS, Zainal Thohir marga katibung gelar pangiran Mulan Khatu, Sarikam Adam selaku tokoh pemuda Desa Sukabanjar.

Dalam sambutanya, Ketua GMBI Distrik Lamsel, Heri Prosojo, SH mengatakan sesuai intruksi Ketua Umum GMBI, perayaan HUT GMBI ke 20 tahun 2022 tidak banyak melainkan mengusung tema ‘GMBI Peduli’.

“Sesuai dengan instruksi Ketua Umum sekaligus Pendiri LSM GMBI, Bpk. M. Faudzan Rakhman SE, untuk menyelenggarakan acara HUT LSM GMBI yang ke XX, dengan Tema GMBI PEDULI, dan melakukan kegiatan Sosial berbagi kepada¬† masyarakat,” kata Heri Prasojo, SH.

Heri Prasojo mengatakan, dalam HUT LSM GMBI ke-20 tidak banyak yang kita laksanakan, namun lebih kegiatan yang positif yakni dengan do’a bersama, sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia yang sudah banyak terlimpah untuk GMBI, khususnya GMBI Lampung Selatan.

“Semoga kita semua diberi umur panjang dan tetap terjaga kekompakan dalam melaksanakan Roda Organisasi agar tetap Solid,” kata pengacara muda ini.

Selanjutnya kata Heri, Selain dari melakukan kegiatan do’a bersama, GMBI Lampung Selatan juga melakukan potong tumpeng sebagai simbol kegembiraan dalam merayakan Hut GMBI yang ke XX.

“GMBI Peduli, kegiatan selanjutnya bagi masing-masing ketua kecamatan beserta jajaran untuk melaksanakan pembagian sembako kepada masyarakat kuang mampu dan anak yatim piatu dimasing-masing kecamatan yang ada,” jelasnya.

Sementara perwakilan Presedium Aliansi Masyarakat Hanggum Lampung Selatan (AMHLS) Rusman Efendi, SH, MH mengucapkan selamat ulang tahun LMS GMBI yang ke-20 tahun, semoga kedepan lebih baik lagi.

Rusman Efendi menambahkan, diusia yang cukup dewasa ini, mudah-mudahan LSM GMBI tetap solid dan terus memperjuangkan kedzoliman yang ada guna kepentingan masyarakat bawah khususnya yang ada di Lampung Selatan.

“Kehadiran LSM GMBI harus selalu berada ditengah masyakarat, sehingga mampu untuk memperjungkan hak serta selalunbermanfaat untuk masyarakt bawah yang ada khususnya di Lampung Selatan, umumnya di Indonesia,” ujar Rusman Efendi.

Rusman menambahkan, beranjak usia yang ke-20 tahun tentunya sudah banyak pengalaman, banyak tantangan, kekerasan yang dialami. Namun hal itu sebagai bentuk proses suatus organisasi dari kecil hingga beryumbuh lebih besar.

Ketua GRANAT Lamsel ini menilai saat ini lembaga swadaya masyarakat yang ada di Lampung Selatan terbilang salang solid dengan solidaritas yang tinggi, sangat militansi dalam setiap pergerakan untuk kepentingan masyarakat Lampung Selatan (Lamsel).

“Satu-satunya LSM yang memiliki visi dan solidasi dan militansi yang tinggi ada di GMBI khususnya di Lamsel. Untuk itu dalam setiap pergerakan selalu melakukan advokasi, secara dewasa jangan sampai arogansi, tidak manusiawi, harus sesuai koridor dan undang-undang yang berlaku, jangan sampai keluar dari koridor yang ada,” katanya.

Ditempat yang sama, Tohoh adat Merga Katibung, Zainal Thohir gelar Pangiran Mulan Khatu menyampaikan, pihaknya sangat mendukung pergerakan LSM GMBI Lampung Selatan dalam bergeak, berjuang untuk kepentingan masyarakay bawah.

“Saya dukung gerakan GMBI yang ada di Lampung Selatan masyarakat Lamsel, dimana bumi dipijak, disitu langit di junjung. Harapan saya LSM GMBI maju terus dalam gerakan atas kedzholiman yang ada di Kabupaten Lampung Selatan saat ini,” teranya.

Ketua LBH GMBI Distrik Lampung Selatan M. Ridwan mengatakan, tentunya dalam usia yang cukup dewasa tentunya LSM GMBI tetap komitmen baik dalam ucapan maupun perbuatannya dalam memperjuangkan hak masyarakat bawah.

“Kita terus jaga kekompakan, kita komitmen dalam setiap ucapan, perbuatan dibawah kepemimpinan Heri Prasojo, SH sebagai ketua Distrik Lamsel, semoga kedepan LSM GMBI lebih sukses, maju dan jaya,” tutupnya.

Sekedar diketahui, puncak HUT LSM GMBI ke-20 dilaksanakan potong tumpeng, sebagai bentuk rasa syukur khususnya LSM GMBI Lampung Selatan. Selanjutnya, masing-masing KSM di Seluruh Kecamatan yang ada di Lampung Selatan akan menggelar aksi bakso sosial “GMBI Peduli”. (Jaja/Rohman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here