Sailing Pass Akhiri Kebersamaan TNI AL Dan RAN Dalam Latma New Horizon 2021

99

Surabaya – Setelah empat hari bergelut dengan serangkaian serial latihan peran dalam Sea Phase atau Tahap Manuver Lapangan, latihan bilateral antara TNI Angkatan Laut dengan Royal Australian Navy (RAN) yang bersandi New Horizon 2021 resmi berakhir. Formasi Sailing Pass ketiga unsur kapal perang menjadi penutup dari puncak latihan yang digelar di perairan Laut Jawa dan Laut Bali tersebut, Rabu (3/11).

Sebelumnya menjelang penutupan, ketiga unsur yakni dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dari Satkor Koarmada II, KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan KRI Malahayati-362 serta HMAS Anzac F-150 milik RAN melaksanakan serial Photoex dengan melakukan aksi manuver.

Setelah itu melalui radio komunikasi di anjungan, Komandan KRI GNR-332 Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoadji selaku Dansatgas Latma New Horizon 21 mewakili Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) sebagai Penyelenggara Latihan, resmi menutup latihan bilateral yang sudah dimulai sejak tahun 1974 dan rutin digelar setiap dua tahun.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan KRI GNR mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan seluruh serial latihan yang berjalan lancar dan sukses. Kolonel Sumarji berharap semoga latihan ini dapat mempererat hubungan navy brotherhood antara TNI AL dan Royal Australia Navy kedepannya nanti.

Penutupan diakhiri dengan Sailing Pass dengan posisi KRI MLH-362 berada di depan, disusul di belakangya KRI GNR-332 melaju dari arah lambung kanan. Keduanya lantas memberi penghormatan kepada HMAS Anzac F-150, diiringi lambaian tangan sampai berjumpa kembali di Latma New Horizon yang akan datang, serta memberikan ucapan selamat berlayar menuju homebase di Negeri Kanguru.

(Pen2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here