Tim Penggerak PKK Kabupaten Konawe Gelar Penyuluhan Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Desa Anggoloosi.

140

Konawe – Dalam rangka persiapan lomba PKK tingkat provinsi Sulawesi Tenggara, Tim Penggerak PKK Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara gelar penyuluhan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di balai pertemuan desa anggaloosi, Selasa 2/11/2021

Dalam Kegiatan tersebut turut hadir dari DP3A Kab. Konawe, Kabid perlindungan Hak perempuan dan perlindungan khusus anak, Arifudin Abu Kasim, SE.,M.Si., Kabid Kualitas Keluarga, PUG, Data dan Informasi, Isrianti Erit Riani, SKM.,MM, Sekretaris Kesbangpol Konawe Mudarman, S.Sos.M.Si, Babinsa Sertu TNI Abd Azis, ketua PKK Kec. Onembute serta pengurus PKK Desa Anggaloosi.

Dalam pelaksanaan kegiatan penyuluhan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di desa anggaloosi merupakan program kegiatan Pokja 1 PKK kabupaten Konawe yang salah satunya adalah penyuluhan tentang pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Ketua Pokja satu PKK Kabupaten Konawe, Noni Amerudin mengatakan bahwa program penyuluhan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak yang dilaksanakan oleh Pokja 1 PKK kabupaten Konawe dan digelar di desa anggaloosi merupakan agenda kerja Pokja 1 sesuai dengan Permendagri no 36 tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan peraturan presiden no 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Lebih lanjut, dengan adanya penyuluhan tersebut para peserta dapat menambah pengetahuan bagaimana melakukan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak sehingga dapat mengaplikasikan dalam kehidupan keluarga.

Dirinya juga menambahkan bahwa kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan oleh Pokja 1 PKK kabupaten Konawe merupakan wujud nyata dalam upaya pencegahan terjadinya kekerasan baik dalam rumah tangga maupun terhadap anak.

Dengan kegiatan penyuluhan terkait pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di desa anggaloosi, ketua tim penggerak PKK kabupaten Konawe, Titin Nurbaya Kery Saiful Konggoasa sangat mengapresiasi dan merespon dengan baik atas kegiatan tersebut” ungkapnya.

Sementara itu, Arifuddin A.K, SE.,M.Si selaku narasumber dalam kegiatan penyuluhan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak yang dilaksanakan oleh tim penggerak PKK kabupaten Konawe mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena kegiatan penyuluhan yang di gelar hari ini merupakan upaya pemerintah dalam menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di kabupaten Konawe

Kabid perlindungan Hak perempuan dan perlindungan khusus anak, Arifudin Abu Kasim, SE.,M.Si.,

“Kegiatan seperti ini sangat penting dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan terhadap perempuan dan anak khususnya di level desa, bagaimana mengenali bentuk-bentuk kekerasan bahkan regulasi yang mengatur tentang kekerasan terhadap perempuan dan anak” ujarnya

Dirinya juga menghimbau kepada ibu-ibu yang hadir dalam penyuluhan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak untuk Setiap saat memastikan anak-anaknya baik dilingkungan sekolah, lingkungan pergaulan anak dan lain sebagainya, sehingga dapat meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan oleh para orang tua.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengatakan agar para orang tua, agar selalu memberikan edukasi kepada anak tentang keagamaan, sehingga anak tersebut dapat terhindar dari pengaruh negatif yang bermuara pada anak itu sendiri.

“Saya berharap, bukan hanya di desa anggaloosi bahkan diseluruh desa yang ada di kabupaten Konawe agar dapat membentuk satuan tugas pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak” tutup Arifuddin, sapaan akrabnya.

Publisher : Helni Setyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here