Upadate Pasca Banjir Bandang di Kota Batu Jawa Timur

244

Kota Batu – Seperti yang telah ramai diberitakan oleh media online, cetak dan elektronik sebelumnya bahwa telah terjadi Bencana Banjir Bandang pada hari Kamis 04 November 2021 kemarin. Intensitas hujan yang tinggi mengguyur kota Batu sekira pukul 14.30 Wib, sehingga menyebabkan 6 titik di lokasi Kota Batu tergenang banjir bandang.

Menurut laporan Kepala pelaksana BPBD Jawa Timur, sampai dengan hari ini telah ditemukan korban meninggal sebanyak 6 orang, korban selamat sebanyak 6 orang, sedangkan 1 orang korban dilaporkan belum diketemukan.

Pihaknya juga tengah berkoordinasi dengsn RS Bhayangkara Batu untuk mendata warga yang terdampak,

” Untuk korban terdampak yang lain masih dalam pendataan. Setelah dilakukan koordinasi dengan RS Bhayangkara Batu, untuk laporan orang hilang atas nama Fery dan Arif ternyata tidak ada.” Terang Kepaja BPBD Jawa Timur dalam laporannya.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk sementara para pengungsi ditempatkan di Gedung Kesenian Bulukerto sebanyak 21 orang. Sementara desa yang terdampak banjir bandang itu sebanyak 6 desa merupakan kecamatan Bumiaji diantaranya, dsn Sambong Desa Bulukerto, jl. Raya Dieng Desa Sidomulyo,DS sumberbrantas, Jl. Raya Selecta DS Tulungrejo.

Walikota Batu telah menetapkan SK keadaan Darurat Bencana Banjir Bandang di wilayah kecamatan Bumiaji dalam status Tanggap Darurat Bencana nomor : 188.45/341/KEP/422.012/2021. Sementara BPBD Jawa Timur membuka Posko Bencana di Kota Batu berlokasi di jl raya Punten No 8 A Punten Kec. Bumiaji.

Dalam kesempatsn itu BPBD Prov Jawa Timur telah menyalurkan bantuan berupa :

1. Paket sembako sebanyak 400 paket.

2. Beras 500 kg.

3. Lauk pauk 60 PKT

4. Tambah gizi 60 PKT

5. Glansing 1000 lmbr

6. Chainsaw 1 unit

7. Terpal 50 lembar

8. Tandon lipat 2 unit

9. Kompor 3 unit

10. Kantong jenazah 20 pcs

11. Paket kebersihan 20 PKT

12. Selimut 40 pcs.

13. Fsmily kit 20 PKT

14. Kuda ware 20 PKT.

” Untuk kondisi saat ini, pariwisata dikota Batu masih dibuka, mengingat daerah terdampak banjir bandang tidak kejalan raya atau ketempat wisata. Dan beberapa ruas jln yang sempat terendam lumpur dan terputus sudah bisa dilalui, saat ini dan besok akan dilakukan pembersihan ruas jalan yan tertimbun lumpur.” Pungkasnya.

Kegiatan ini melibatkan BPBD Prov Jawa Timur, BPBD Kota Batu, Tagana (Dinsos), PUPR, DLH, TNI, Polri, BPPW Jatim dan relawan.

Reporter : Xio Lie Tan

Editor : Ajb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here