Urus Surat Pindah Di Disdukcapil Pesawaran Ternyata Mudah Dan Cepat

199
Drs. Bunyamin (Kabid Kependudukan )

Metronusantaranews.com – Disdukcapil Kabupaten Pesawaran terletak tidak jauh dari Kantor Bupati Pesawaran Lampung, Kamis (24/03).

Alkisah seorang Ibu rumah tangga Minem Sutarmini (69) status penduduk warga Rejo Agung Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran sejak 2017 pindah alamat dikarenakan kesehatan akhirnya ikut anaknya yang beralamat RT 002/001 Lingkungan 1 Kelurahan Trimurjo Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah, dan kini mengidap beberapa penyakit yang harus segera ditangani secara medis.

Minem Sutarmini seorang Ibu rumah tangga (69)

Untuk kepengurusan data kependudukan yang jauh tidaklah mungkin Bu Minem mengurus sendiri karena faktor usia dan mengidap penyakit.
“Ya saya minta tolong ama Mas Dwi untuk urus dokumen kependudukan saya agar bisa pindah ke Lampung Tengah” ujarnya.
“Saya ingin punya Kartu Keluarga ( KK) , Kartu Tanda Penduduk ( KTP) dan BPJS yang dibiayai oleh Pemerintah” harapnya.
“Selama ini saya bingung mas, sudah beberapa kali minta tolong ke orang untuk ngurus surat pindah,akan tetapi entah diurus atau tidak ” keluhnya.

Menanggapi hal demikian Dwi yang di mintai tolong berusaha membuatkan kepindahan penduduk Ibu Minem Sutarmini ke Disdukcapil Kabupaten Pesawaran, Rabu 23/03/2022.

Mengingat urgennya dokumen kependudukan atas nama Ibu Minem pelayanan di disdukcapil Pesawaran mempermudah proses pembuatannya.

Kabid Kependudukan Drs.Bunyamin mewakili Ka disdukcapil Kabupaten Pesawaran Drs. Fauzan Suadi MM ketika di temui di ruang kerjanya terkait kepengurusan dokumen kependudukan Ibu Minem beliau mengatakan “belum pernah ada bekas permohonan pindah yang masuk untuk Ibu Minem baik diri sendiri maupun menguasakan kepengurusannya keorang lain” jelasnya.

“Sekarang tidak perlu lagi surat pengantar dari RT atau Desa/Kampung datang sendiri dengan membawa foto kopi KK atau diwakilkan dengan keluarga, tetangga, teman atau orang lain boleh saja asal ada surat kuasa dan selanjutnya di disdukcapil mengisi F1 03 baik dia keluar maupun dia masuk”, jelasnya.

“Sekarang malah lebih mudah seandainya ada warga Surabaya Jawa Timur menikah dengan orang Pesawaran dan sudah menetap disini, tidak perlu lagi pulang ke Surabaya untuk mengurus surat pindahnya, untuk bikin Kartu Keluarga (KK) disini datang ke dukcapil cukup membawa materai satu lembar dan mengisi F103 dan ditanda tangani , selanjutnya pihak dukcapil Pesawaran menghubungi dukcapil Surabaya via whatsapp atau email, mudahkan dan cara seperti ini sudah kami terapkan sehingga warga tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak”, demikian tuturnya.

(Dwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here