Wakil Bupati Frans Sanadi Lantik Pengurus KKM Mal-Malut ” Ini adalah Organisasi Agama Berbasis Suku, Wujudkan Toleransi Ummat Beragama”

635

METRONUSANTARANEWS.COM – Serui | Wakil Bupati Kepulauan Yapen Frans Sanadi, B.Sc.,S.Sos.,MBA., Resmi melantik Kepengurusan DPP Kerukunan Keluarga Muslim Maluku-Maluku Utara (KKM Mal-Malut) dan Majelis Ta’lim Khumaira Periode 2021-2024. Pelantikan tersebut di laksanan di Gedung Silas Papare Serui pada, Sabtu (19/04/2022)

Wakil Bupati Frans Sanadi, B.Sc.,S.Sos.,MBA Pada kesempatan tersebut, atas nama Pemerintah Daerah melantik Kepengurusan DPP KKM Mal-Malut dan Majelis Ta’lim Khumaira, dengan Surat Keputusan Majelis Dewan Penasehat, Nomor : 001/BPP/KKM MAL-MALUT/VI/2021.

Thema yang diusung pada pelantikan hari ini “Menjalin silaturahmi dan Toleransi Umat Beragama di Tanah Papua, khususnya di Kabupaten Kpulauan Yapen” Kepengurusan BPP KKM Mal-Malut Ketua Umum Drs. Imran S. Umasangaji, SE., M.Pd., Sekretaris Umum Mahyus Arafath, S.P dan Bendahara Umum Abdu Djamaludin, S IP.  Sedang Kepengurusan Majelis Ta’lim Humaira Ketua Jamila Kilian, Sekretaris Maisyarah, A.Md , dan Bendahara Nurhayati, S.Pd.

Ketua Panpel Lewis Tansil, SE.,MM., dalam Laporan Panitia menyampaikan harapan besar untuk Pengurus yang dilantik dapat menjalankan Program Organisasi kedepan, dan turut serta berkonstribusi serta bekerjasama dengan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan Kedamaian, ketentraman dalam bingkai Toleransi Ummat Beragama.

Wakil Bupati Frans Sanadi dalam sambutanya atas Nama Pemerintah Daerah mengucapkan selamat kepada kepengurusan KKM Mal-Malut dan Majelis Ta’lim Khumaira atas Pelantikan yang baru saja telah dilaksanakan.

“Saya mengucapkan Selamat dan sukses kepada Ketua Umum dan beserta jajaran kepengurusan KKM Mal-Malut dan Majelis Ta’lim Khumairah, semoga amanah dalam tugas yang diberikan, dapat dilaksanakan dengan baik dan benar, serta penuh rasa tanggung jawab demi kemajuan organisasi ini kedepan.” Tuturnya

Wakil Bupati mengatakan juga bahwa Pelantikan KKM Mal -Malut hari ini, merupakan eksistensi dan pergerakan organisasi Keagamaan yang berbasis Budaya di Kabupten ini. Terutama oragnisasi Islam yang turut memiliki andil serta berpengaruh besar terhadap kelangsungan antara umat beragama di tengah pluralisme kehidupan bermasyarakat di Daerah ini.

“Saya berkeyakinan, Figur-figur yang di Lantik hari ini adalah memiliki kemampuan yang luar bisa sehingga di percayakan memimpin organisasi ini, Organisasi ini mampu berdiri sebagai pilar-pilar terdepan yang memperkokoh Persatuan dan Kesatuan di Kabupaten Kepulauan Yapen.” tutur Frans Sanadi.

Ketua Umum KKM Mal-Malut Drs. Imran S. Umasangaji, SE.,M.Pd dalam sambutannya menuturkan bahwa warga masyarakat Muslim Maluku dan Maluku Utara memiliki hubungan history dengan perjalanan Keagamaan di Tanah Papua, khususnya Kabupaten Kepulauan Yapen.

“Perahu Layar Sultan Tidore dan Penyebaran Injil di Tanah Papua, Semua Orang Pastilah mengetahui ada Peran Sultan Tidore dalam Sejarah Peradaban Papua, ini bagian dari History”

Dilanjutkannya, untuk itu kami Kerukunan Keluarga Muslim Maluku dan Maluku Utara akan melanjutkan apa yang sudah pernah dibuat oleh pendahulu kami yakni Sultan Tidore. Kami akan selalu berkoordinasi dan bekerjasama untuk membangun Kabupaten ini. Lewat sejarah yang panjang maka Orang-orang Papua adalah saudara kami”

Kami akan selalu memegang teguh Filosofi KKM Mal-Malut “Walaupun berbeda dalam Iman, Tapi Kita Bersaudara dalam Kemanusiaan, Mati-mati yang Penting Hidup dalam Keberagaman.” tutup Ketua Umum KKM Mal-Malut.

Hadir dalam acara tersebut, mewakili Bakesbangpol Kepulauan Yapen Kepala Bidang Politik Dalam Negeri, Abdul Fajar Djalali, S.Sos.,M.Si., Ketua FKUB Pdt. Marthen Waromi, S.Th.,mewakilkan Kantor Kementerian Agama Kepulauan Yapen Kasie Bimas Islam H. Abubakar Karepesina, S.PdI., Para Ketua-Ketua Paguyuban, serta Pengurus dan Anggota KKM Mal-Malut.

Jurnalis : Galib maswatu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here