Wakil Ketua II DPRD dan Anggota DPRD Kepulauan Yapen Hadiri Peresmian Tugu Monumen Kasih dan Ibadah Perayaan HUT PI Ke-167

278

Metronusantaranews. Serui | Berlokasi di Monumen Kasih Tanjung Abori Distrik Yapen Selatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Fridolin Warkawani asal Partai Hanura yang menjabat Wakil Ketua II DPRD, Anggota DPRD Melianus Wayangkauw dari Partai Demokrat, Simson Aurai dari Partai Solidaritas Indonesia, Fictor Mambrasar, S.H dari Partai PPP dan Juga Sekretaris Dewan Pieter Dacosta Turut hadir pada kegiatan ini.

Kegiatan HUT Hari Pekabaran Injil (HPI) ini dihadiri Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S.Sos., Wakil Bupati Kepulauan Yapen Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA Wakil Forkopimda, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf. Prasetiyo, Ketua Forum Kuminikasih Umat Beragama (FKUB), Klasis GKI Yapen Selatan, Dominasi Gereja dan Katholik, Pimpinan OPD, dan Kepala-kepala Kampung, serta Hamba-hamba Tuhan dan para undangan. Dilaksanakan di Puncak Serui Laut Sabtu (05/02/2022).

Puji-pujian dan khotbah pada Ibadah memperingati HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua dibawakan oleh Pastor Jhon Bunay dan Ibadah dipimpin oleh Pdt. Marthen Waromi.

Dalam kegiatan ini juga diadakan Peresmian dan Pentahbisan Monumen Kasih (Mokas) yang dilakukan oleh Tonny Tesar S. Sos Bupati Kab. Kep. Yapen yang dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan penandatanganan Prasasti.

Usai peresmian, Bupati Yapen dalam sambutannya mengatakan, “Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan kita Yesus Kristus, karena atas anugerah dan kasih sayang-Nya kita di pagi hari ini boleh hadir dalam suasana damai dan sejahtera penuh sukacita dalam rangka memperingati hari pekabaran Injil di tanah Papua yang ke 167, kita juga meresmikan Monumen Kasih Kristus, ini dibangun untuk menjadi menjadi sebuah simbol dari perubahan dan peradaban masyarakat Papua ketika pertama kali dua orang misionaris datang di Mansinam, mengabarkan kabar Injil tentang damai dan sukacita, serta keselamatan dari Tuhan Yesus Kristus”

Diakhir rangkaian ibadah HUT PI ke-167, Wakil Ketua II DPRD Kepulauan Yapen menyampaikan, “Kita sama-sama baru selesai melaksanakan ibadah HUT PI ke-167 dengan sorotan thema Kuasa Yesus Kristus yang Telah Membebaskan Kita, momentum Peringatan Pekabaran Injil di Tanah Papua di Kabupaten Kepulauan Yapen sebagai suatu wujud kebesaran Kuasa Allah yang telah dinyatakan kepada kita, untuk kita dapat membuat suatu perubahan atas kuasa Yesus Kristus yang telah membebaskan kita”

“Dengan kasih marilah kita menjaga kerukunan antara umat beragama, menjaga keberasamaan seluruh dedominasi Gereja yang telah terbangun sejak lama dengan rukun, damai dan sejahtera. Dengan kerukunan kita terus memelihara untuk keberlangsungan pembanguan di kepualan ini. Tutur Fridolin Warkawani.

Wakil Ketua II DPRD melanjutkan “Tugu Monumen Kasih yang tingginya 33 Meter dan menghabiskan dana hampir 6,5 Milyard, kedepan harus dibuat penataan halaman serta lingkungan, dan hal ini sedang berlangsung. Pembangunan Tugu Monumen Kasih ini merupakan sebuah situs yang menggambarkan sejarah tonggak perubahan kehidupan orang Papua. Monumen Kasih ini kedepan akan menjadi Destinasi Wisata Religi karena Kepulauan Yapen memiliki sejarah Pekabaran Injil yang masuk ke Papua 167 Tahun yang lalu. Kami Ucapkan terima Kasih kepada Bapak Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S.Sos dengan kerja kerasnya sehingga Tugu Monumen Kasih Kristus ini dapat rampung dan diresmikan di hari yang bersejarah ini. Tugu Monumen Kasih ini akan menjadi kebanggaan masyarakat Kepulauan Yapen dan juga Masyarakat Papua.” Tutup Fridolin Warkawani.

Dikonfirmasi Via Telephon atas ketidak hadiran Ketua DPRD dalam kegiatan, Yohanis G. Raubaba, S.Sos menyampaikan tidak dapat hadir karena dalam kondisi sakit.

“Selamat atas Peresmian Tugu Monumen Kasih dan Selamat Merayakan Ibadah HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua ke-167, damai dan sejahtera untuk kita semua, Tuhan Berkati” Ucap Yohanis G. Raubaba, S.Sos.

Reporter : Indra S.F.B.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here