5000 Roket yang Ditembakan Hamas Bombardir Israel

5000 Roket yang Ditembakan Hamas Bombardir Israel

Metronusantaranews.com - Konflik Kelompok Militan Palestina, Hamas dengan Israel di jalur Gaza telah terjadi sejak 2 hari terakhir. Kontak senjata pertama kali dilakukan oleh Hamas dengan meluncurkan ribuan roket dari Gaza ke Israel pada Sabtu (7/10). Militer Israel kemudian membalas serangan melalui udara dengan menggunakan pesawat tempur dan rudal. Keduanya beradu balasan hingga Minggu (8/10).

Per Minggu, Kementerian Palestina di Gaza melaporkan setidaknya 370 warga Palestina tewas dan 2.200 orang lainnya terluka. Di sisi lain, mengutip dari The Times of Israel, hingga Minggu malam korban tewas akibat serangan mendadak Hamas di negaranya telah mencapai 700 orang, 2.200 terluka, dan 100 lainnya dilaporkan diculik.

Sempat terekam dalam video rudal Israel menghantam sebuah gedung di Gaza, Palestina saat jurnalis Al Jazeera Inggris, Youma Al-Sayed melakukan siaran langsung kondisi terkini di Gaza. Rudal tersebut diketahui merupakan serangan balik dari Israel pada Hamas yang menghantam bagian atas gedung pemukiman penduduk.

Israel telah mengumumkan status siaga perang setelah lebih dari 5.000 roket diluncurkan dari jalur Gaza ke negara tersebut. Pasukan Palestina juga dilaporkan telah masuk secara diam-diam ke kota di selatan Israel memicu konfrontasi.