Usai Perbaikan Bendung Air, Petani Sawah Tumbudadio Koltim Nikmati Hasil Panen Yang Melimpah

Usai Perbaikan Bendung Air, Petani Sawah Tumbudadio Koltim Nikmati Hasil Panen Yang Melimpah

Metronusantaranews.com, Kolaka Timur – Usai perbaikan bendung air yang dikerjakan oleh Pemda Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara beberapa bulan lalu, petani padi sawah Desa Tumbudadio, Kecamatan Tirawuta merasakan dampak yang signifikan

Dengan selesainya perbaikan bendung air yang sering digunakan sebagai sumber air selama ini, para petani sawah yang berada di Lorong Makassar sangat merasakan atau menikmati hasil panen yang cukup melimpah

Pasalnya, Luas lahan pertanian persawahan di wilayah ini, kurang lebih sekitar 800 Ha. Dengan bendung yang baik, hasil panen gabah mereka per Oktober 2023, rata-rata 6,4 Ton/Ha, dengan harga gabah saat ini Rp. 6.500/Kg.

"Masyarakat Lorong Makasar Desa Tumbudadio, mengucapkan terima kasih kepada Plt Bupati Kolaka Timur, yang telah memberikan bantuan berupa perbaikan bendung yang dapat mengairi areal persawahan sekitar 800 hektar (Ha). Sehingga, petani dapat mengolah areal persawahannya," ucap Camat Loea, Ahmad Darwis, S.Sos, yang juga merupakan salah satu pemilik sawah di wilayah tersebut.

Sebelumnya, pada bulan April-Mei 2023 lalu, Pemda Koltim membantu perbaikan bendung air di Desa tersebut, diantaranya melalui pengerahan alat berat berupa Excavator.

Laporan : Helni Setyawan