Atasi Laju Inflasi Daerah, Bupati Kolaka Timur Pimpin Penanaman Cabai Di Mowewe

Atasi Laju Inflasi Daerah, Bupati Kolaka Timur Pimpin Penanaman Cabai Di Mowewe

Metronusantaranews.com, Kolaka Timur || Upaya mengatasi laju inflasi di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, Abdul Azis, SH., MH secara langsung memimpin kegiatan penanaman cabai di Desa Nelombu, Kecamatan Mowewe, minggu (21/1/24)

Kehadiran Bupati Kolaka Timur yang didampingi Sekda Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa ini menjadi langkah nyata pemerintah daerah dalam mendukung program gerakan penanaman cabai dengan memanfaatkan pekarangan rumah warga sebagai solusi untuk menekan inflasi.

Kegiatan penanaman cabai tersebut, jajaran pemerintah daerah, TNI, Polri dan masyarakat setempat turut serta dalam acara

Dihadapan masyarakat setempat, Bupati Azis mengatakan bahwa Penanaman cabai ini bukan hanya sebagai langkah jangka pendek untuk mengatasi inflasi, tetapi juga sebagai upaya membangun ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Kolaka Timur untuk dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah  dengan menanam cabai.  Karena menurutnya, penanaman cabai dipekarangan rumah menjadi solusi efektif untuk menekan inflasi daerah

"Cabai merupakan salah satu komoditas yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehari-hari. Dengan menanam cabai di pekarangan rumah, selain dapat memenuhi kebutuhan pribadi serta menekan inflasi, juga dapat membantu mengurangi ketergantungan terhadap pasokan dari luar daerah," ujarnya.

Melalui gerakan penanaman cabai kata pria yang biasa disapa Azis ini, bukan hanya akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat, tetapi juga dapat menciptakan pola konsumsi yang lebih mandiri dan berkelanjutan.

“Dengan meningkatkan produksi cabai secara lokal, diharapkan dapat menstabilkan harga dan mengurangi gejolak inflasi yang kerap terjadi” katanya

Selain itu, mantan anggota Polri yang juga Ketua KONI Koltim ini menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini, selain menekan laju inflasi , juga sebagai ajang silaturahmi anatara kita semua baik Pemerintah Daerah maupun masyarakat

Di kesempatan ini juga, Bupati mendengarkan masukan masyarakat atau petani terkait masalah yang sering dihadapi petani setempat, apalagi di musim penghujan seperti saat ini.  Dan, Ia berjanji akan mengatasi masalah tersebut.

Diketahui, sebelum melaksankan penanaman cabai di Desa Nelombu, Kecamatan Mowewe, Bupati Azis Sempatkan waktu mengunjungi obyek Wisata Pohon Pinus Alamo yang terletak di Lalolae dan Gunung Teletabis di Desa Lapangisi, Kecamatan Mowewe.  Kemudian dilanjutkan di Desa Nelombu serta menyapa masyarakat Desa Lambotua.

Laporan : Helni Setyawan