Cuaca Bersahabat Naungi Pengukuhan Perpanjangan Masa Jabatan Kades dan BPD se-Koltim

Cuaca Bersahabat Naungi Pengukuhan Perpanjangan Masa Jabatan Kades dan BPD se-Koltim

Metronusantaranews.com, Kolaka Timur || Suasana cerah dan teduh, Bupati Kolaka Timur, Abd Azis, SH., MH, mengukuhkan 115 kepala desa di Kolaka Timur dengan perpanjangan masa jabatan dari 6 tahun menjadi 8 tahun di halaman Rujab Bupati, Desa Matabondu, Kecamatan Tirawuta, senin (24/6/24)

Selain kukuhkan perpanjangan masa jabatan para kepala desa, Bupati Koltim juga mengukuhkan 585  anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kolaka Timur.

perpanjangan masa jabatan kepala desa ini merupakan tindak lanjut dari ditetapkannya UU nomor 3 tahun 2024 tentang perubahan kedua atas UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa, dimana secara resmi masa jabatan kepala desa mengalami perpanjangan dari 6 tahun menjadi 8 tahun.

Diketahui, pengukuhan perpanjangan masa jabatan ini masih menyisahkan dua desa yakni desa amokuni, kecamatan Uluiwoi dan Kepala Desa Ambapa Kecamatan Tinondo yang keduanya di jabat oleh Pejabat atau Pj desa, dan akan dilakukan pemilihan antar waktu pada 2025 mendatang.

Bupati Kolaka Timur menyampaikan bahwa acara pengukuhan perpanjangan masa jabatan kepala desa adalah suatu keberkahan dari allah SWT. Salah satu buktinya, cuaca yang begitu bersahabat, tidak terik matahari, juga tidak hujan. Padahal di seluruh sisi dekat lokasi pengukuhan ini, nampak diguyur hujan.

”Ini adalah momen yang sangat baik, karena cuaca sangat mendukung, tidak hujan juga tidak panas. Ini berarti, perpanjangan masa jabatan bapak ibu kepala desa, mendapat Ridha Allah SWT yang harus anda pegang dan junjung tinggi dalam membangun masyarakat masing-masing desa,” ucap bupati.

Kata pria yang akrab disapa Azis, perpanjangan ini, bukan hanya sekedar tugas sebuah jabatan, tapi panggilan jiwa untuk menjadi pemimpin yang melayani, dan bukan sekadar hanya bisa memimpin. Melainkan menjadi nakhoda yang terampil menavigasi kapal desa anda melewati ombak dan badai menuju pelabuhan kesejahteraan dan kemakmuran.

”Bayangkan diri bapak/ibu adalah sebuah pohon besar yang kokoh. Dimana akar-akarnya menghujam tanah dengan kuat, untuk mencari air dan nutrisi demi kehidupan seluruh pohon. Dan anda adalah akar bagi desa anda. karenanya, tugas bapak/ibu adalah memastikan bahwa setiap jengkal tanah subur, setiap warga desa mendapatkan haknya, dan setiap sudut desa merasakan sentuhan pembangunan” jelas bupati

“Mengapa? karena kekuatan sebuah pohon tidak hanya terlihat dari batangnya yang menjulang tinggi, tetapi juga dari akar-akarnya yang tersembunyi di dalam tanah. Begitu juga dengan desa, kekuatannya terletak pada pelayanan yang tulus dari pemimpinnya,” lanjutnya

Dalam perjalanan ini kata dia, para kades akan menghadapi berbagai tantangan. Namun ingatlah, besi yang kuat ditempa dalam panasnya api, jangan pernah takut terhadap kesulitan, karena di dalam setiap tantangan tersembunyi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

Lebih lanjut, Seperti kupu-kupu yang harus berjuang keluar dari kepompongnya untuk bisa terbang, kades pun harus menghadapi dan mengatasi berbagai hambatan untuk membawa desa anda terbang menuju ketinggian baru.

”Mari kita jadikan pelayanan kepada rakyat sebagai kompas moral kita. Seperti sungai yang mengalir tanpa mengenal lelah untuk memberikan kehidupan kepada setiap makhluk yang dilewatinya, begitu pula dalam melayani masyarakat” ajaknya

Ia juga menitipkan pesan kepada para kepala desa dan BPD, agar jadikan setiap langkah sebagai bentuk untuk mendekatkan kesejahteraan kepada rakyat, bukan menjauhkan diri dengan kedudukan.

“Ingatlah, kepemimpinan sejati bukanlah tentang seberapa tinggi posisi anda, tetapi seberapa besar pengaruh positif yang anda berikan kepada orang-orang atau masyarakat yang anda pimpin,” tutupnya.

Laporan : Redaksi