DPRD kota metro meminta pemkot setempat segera perbaiki sarana dan prasarana menjelang arus mudik Lebaran 2024

DPRD kota metro meminta pemkot setempat segera perbaiki sarana dan prasarana menjelang arus mudik Lebaran 2024

Infrastruktur tersebut termasuk jalan rusak, marka jalan, dan lampu penerangan jalan umum (LPJU).

Ketua DPRD Metro Tondi MG Nasution mengatakan, "perbaikan infrastruktur dan sarana dan prasana itu untuk menunjang perjalanan masyarakat di musim mudik Lebaran.Yang perlu menjadi catatan, sebentar lagi ini musim mudik Lebaran, masih banyak jalan di Metro yang kondisinya perlu diperbaiki. Baik itu di jalan utama maupun jalan alternatif yang melintas di Metro," ujar Tondi, Jumat (22/3/2024).

Ia meminta Wali Kota Metro Wahdi untuk segera memberikan infrastruktur yang memadai demi memperlancar perjalanan pemudik.

Maka kepada Pak Wali Kota, kami harapkan dapat secepatnya memfasilitasi pemudik dengan kehadiran sarpras infrastruktur yang memadai di Metro," bebernya.

"Tentunya ini penting karena menunjang perjalanan para pemudik, yang rusak-rusak itu harus segera diperbaiki," sambungnya.

Tak hanya itu, lanjut dia, ia juga meminta agar kinerja sejumlah OPD di Metro perlu ditingkatkan lebih baik lagi.

"Kami sarankan juga kepada Pak Wali Kota untuk dapat mengintruksikan Dinas PU dan Dishub agar melakukan pengecekan kembali terhadap Sarpras yang menjadi tanggungannya. Jika masih ditemukan kekurangan, tolong segera diperbaiki," tukasnya.Seperti contohnya jalanan yang bolong-bolong ini masih banyak sekali, tolong ditambal karena sebentar lagi sudah musim mudik lebaran. PJU-PJU yang mati segera diperbaiki, penerangan ini penting untuk keamanan masyarakat dan pemudik," pungkasnya.

Sebelumnya, Pemkot Metro mempersiapkan infrastruktur di wilayah setempat menjelang arus mudik Lebaran 2024.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribunlampung.co.id, infrastruktur yang akan dipersiapkan Pemkot Metro menjelang Lebaran di antaranya mulai dari LPJU dan nfrastruktur jalan.

Wahdi menyebut, persiapan infrastruktur itu demi memastikan kelancaran arus mudik Lebarandi Bumi Sai Wawai.

Ia menambahkan, dalam persiapan infrastruktur tersebut dirinya telah meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Metro untuk segera merampungkan pembangunan Sehingga, diharapkan arus mudik di Kota Metro dapat berjalan dengan lancar. 

"Ya memang belum selesai semua. Tetapi, sebelum lebaran nanti, sebagian jalan negara, provinsi maupun kota akan dibangun dengan menggunakan dana pemeliharaan," terangnya. 

Ia mengungkapkan, jalan negara di Kota Metro saat ini sepanjang 9,8 kilometer.

Untuk Jalan provinsi, yaitu sepanjang kurang lebih 15 kilometer dalam kondisi baik sebesar 85 persen.

Sedangkan jalan Kota kondisinya 84 persen baik.

"Kalau kemantapan jalan, kita tertinggi di Lampung. Tapi memang masih ada yang butuh perbaikan. Karena itu saya sudah minta ke PUPR untuk memperbaikinya," kata Wahdi.

Tak hanya itu, lanjut dia, LPJU di Metro pada tahun 2024 ini juga akan dipasang di 300 titik yang tersebar di 22 kelurahan di Bumi Sai Wawai.

Pemasangan LPJU itu juga akan ada beberapa titik yang dipasang sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"LPJU kita sudah mulai dipasang, ini pun salah satu persiapan kita ya. Sebelum lebaran nanti, ya ada beberapa titik yang telah terpasang," tutupnya. (ADV)