Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pembangunan Manusia, Sekda Koltim Sebut Sebagai Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pembangunan Manusia, Sekda Koltim Sebut Sebagai Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Metronusantaranews.com, Kolaka Timur || Dalam rangka memperkuat pencegahan dan penanganan stunting, Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar pelatihan Peningkatan Kapasitas Pembangunan Manusia atau KPM, senin (26/8/24)

Acara yang berlansung di Aula Rujab Bupati, desa matabondu, kecamatan tirawuta ini bertujuan untuk untuk meningkatkan pengetahuan serta menerapkan strategi-strategi efektif guna menurunkan angka stunting di wilayah Koltim

Sekretaris Daerah Kab. Kolaka Timur (Koltim) Andi Muh. Iqbal Tongasa mengatakan stunting tidak hanya mengenai pertumbuhan anak yang terlambat, namun juga berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal.

"Hal ini menyebabkan kemampuan mental yang dibawah rata-rata, dan bisa berakibat ada prestasi sekolah yang buruk, "ujarnya.

Untuk itu, kata Sekda Pemda Koltim tetap berkewajiban untuk menjamin kebutuhan Gizi masyarakat.

" Kunci pencegahan dan penenganan kasus stuntinh adalah di L. 000 hari pertama kelahiran, sehingga perhatian kepada ibu hamil dan buta dibawah dia tahun, baik melalui  intervensi GZ spesipik maupun Ntervensi Gizi Ensitif perlu terus kita upaya kan bersama, "kata Sekda.

Lebih lanjut, ia menyampaikan kegiatan pelatihan peningkatan KPM ini bertujuan memperkuat komitmen Bupati untuk melakukan upaya konvergensi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kolaka Timur.

" Saya berharap agar kader pembangunan manusia di Desa dapat bekerja sama dengan kader Posyandu Desa, Bidan Desa dan petugas Gizi Puskesmas untuk melakukan penelusuran bayi dan Balita yang berpotensi stunting, "ujarnya.

Terakhir, Ia juga menghimbau kepada seluruh peserta kegiatan pelatihan untuk mematuhui dan menerapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun.

Laporan : Redaksi