Pupuk Toleransi dengan Jumat Religi

Pupuk Toleransi dengan Jumat Religi

SMAN 2 METRO, 03 Mei 2024 - Semangat keberagaman dan toleransi religius selalu dipupuk dengan baik di SMAN 2 Metro melalui program Jumat Religius. Dalam upaya menumbuhkan iman serta rasa toleransi antar umat beragama, SMA Negeri 2 Metro melaksanakan program yang telah menjadi bagian dari agenda rutin bulanan di bawah koordinasi Tim Pengembangan Kecerdasan Spiritual. "Keberagaman menyatukan kita, keberagaman juga yang akan membuat hidup lebih berwarna. Iman merupakan pondasi dalam hidup," ungkap Pak Ali, Kepala Sekolah SMAN 2 Metro.

Muslim

Dalam kegiatan kali ini, setiap agama diwakili oleh siswa-siswi untuk menjalankan kegiatan keagamaannya masing-masing. Dari sholat berjamaah bagi yang beragama Islam di masjid sekolah, hingga pendalaman iman di perpustakaan untuk siswa-siswi Katolik dan Kristen bersama dua guru pendamping. Tidak ketinggalan, siswa-siswi Hindu juga menggelar kegiatan berdoa bersama-sama di ruangan khusus di SMA tersebut.

Kristen

Dengan keberagaman keyakinan yang ada, SMAN 2 Metro menghadirkan warna yang berbeda dan memupuk rasa toleransi di antara siswa-siswinya. "Melalui perbedaan keyakinan inilah yang membuat SMANDA menjadi berwarna serta para siswa-siswi menjadi lebih bertoleransi antar satu dengan yang lain," tambah Pak Ali.

Hindu

Selain itu, pentingnya meningkatkan pemahaman dan keyakinan terhadap agama yang dianut juga menjadi fokus dalam program ini. Dengan lebih memahami dan menghayati ajaran agama masing-masing, diharapkan siswa-siswi dapat menjalani kehidupan dengan prinsip-prinsip moral yang kokoh dan menginspirasi. “Ini juga menjadi langkah awal dalam membangun generasi yang beriman dan bertaqwa, siap menghadapi tantangan hidup dengan kekuatan dari keyakinan mereka.” Pungkas Koordinator Jumat Religi, Amar Fatkhalloh.(Red)