Wakapolres, Pimpin Apel Kesiapan Operasi Keselamatan Krakatau 2022

291

Metronusantaranews.com

LAMPUNG SELATAN–Wakapolres Lampung Selatan Kompol Firman Sontama, S.Sos memimpin Apel Kesiapana Operasi Keselamatan 2022, Senin (1/3/2022) dihalaman Mapolres setempat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para PJU Polres Lampung Selatan, TNI, Sat Pol PP Pemkab Lampung Selatan, Dinas Perhubungan Pemkab Lampung Selatan dan undangan lainya.

Kompol Firman Sontama, S.Sos dalam membacakan amanat Kapolda Lampung, Irjen Drs Hendro Sugiatno MM menjelaskan bahwa
permasalah dibidang lalu lalintas berkembang cepat dan dinamis seiring meningkatkan jumlah kendaraan bermotor dan pupulasi penduduk yang memerlukan transportasi sebagai sarana tranportasi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dalam penanganan permaslahan lalu lintas sebagaimana dalam amanat Undang-undang lalu lintas Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Kita diharapkan untuk selalu bersinergi antara pemangku kepentingan sehingga dapat menemukan akar permasalahan dan menemukan solusinya. ” Kata Wakapolres

Tingkat kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas pada umumnya masih sangat rendah, oleh karena itu perlu dilakukan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kepatuhan hukum masyarakat akan keselamatan dalam berlalulintas. ” Tuturnya

Salah satu yang menjadi fokus perhatian pemerintah saat ini adalah keselamatan pengguna jalan, pencegahan dan penyebaran penularan covid-19 dan kesiapan antisipasi persiapan pengamanan pelaksanaa puasa dan mudik Idul Fitri 2022.

Wakapolres juga menjelaskan bahwa Operasi Keselamatan Krakatau 2022 selama 14 hari, yang dimulai pada 1 Maret 2022 hingga 14 Maret 2022 yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia.

Adapun tujuan Operasi Keselanatan Krakatau 2022, yakni memutus mata rantai penyebaran covid-19, berkurangnya jumlah kecelakan dan pelanggaran lalulintas, meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, terciptanya Kamseltibcarlantas aman dan nyaman menjelang hari raya idul fitri 2022.

Sedangkan sasaran pelanggaran pada Operasi Krakatau 2022 dengan menyesuaikan Trend karakteristik diwilayahnya.

Sebelum menutup amanatnya, Kapolda Lampung berpesan agar kepada para petugas
sebelumnyab agar selalu berdoa kepada Allah SWT, utamakan faktor keamanan dan keselamatan dalam bertuagas, hindari perbuatan kontra produktif yang akan merusak citra polri, lakukan tugas dengan baik, pedomani SOP setiap melaksanakan tugas. ” Tutupnya.

Ditempat terpisah Kasatlantas Polres Lampung Selatan, AKP Jonnifer Yolandra, SIK, MH mengatakan bahwa dalam kegiatan operasi tersebut pihaknya mengedepankan preventif, humanis dan Edukatif kepada para pengendara.

Pihaknya akan memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu mematuhi peraturan berlalu lintas, saat mengemudikan kendaraan dijalan raya. ” Tuturnya.

Kasatlantas juga menyebut, kepada para pengemudi agar selalu memakai Helm standar SNI, membawa surat-surat kendaraan, tidak berboncengan lebih dari satu, tidak menggunakan HP saat berkendara, memakai Masker , memakai Safety Belt, dan tidak melawan arus.

” Dalam Operasi Keselamatan Krakatau 2022, diharapkan para pengendara taat berlalu lintas juga patuhi Prokes , kepada anak-anak belum ber KTP dihimbau agar tidak membawa kendaraan ”

Selain itu dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga akan berikan bantuan sosial kepada masyarakat, juga memberikan himbauan Prokes dan pemberian Masker kepada masyarakat yang didapati tidak menggunakannya. ” Ujar mantan Kasatlantas Tanggamus ini. (Jaja/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here