Bupati Tanjung Jabung Barat hadiri peluncuran GERNAS BBI tahun 2022

Bupati Tanjung Jabung Barat hadiri peluncuran GERNAS BBI tahun 2022
Bupati Tanjung Jabung Barat hadiri peluncuran GERNAS BBI tahun 2022
Metronusantaranews.com - Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H.Anwar Sadat, M.Ag hadiri peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), bertempat di Bandar Udara Sultan Thaha Jambi, Selasa, 19 Januari 2022.
Peluncuran Gernas BBI disaksikan langsung oleh Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri ATR BPN Sofyan Djalil, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas, Gubernur Jambi Al Haris, serta disaksikan secara virtual oleh sejumlah Menteri dan Kepala Lembaga lainnya.
Dalam sambutannya Luhut mengatakan, memasuki tahun ketiga penyelenggaraan Gernas BBI, hingga saat ini mencapai 17,2 juta UMKM yang sudah onboarding atau merambah ke ekosistem digital dari target 30 juta UMKM onboarding pada tahun 2023.
Dikesempatan tersebut, Gubernur Jambi, Al Haris menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah memilih Kota Jambi sebagai penyelenggaraan peluncuran Gernas BBI Tahun 2022.
Saat di wawancarai, Bupati Tanjung Jabung Barat mengatakan, Sektor UMKM hampir 90% berada di perdagangan, maka dari itu, sangat bangga sekali karna banyaknya produk lokal yang dapat diandalkan dan akan menjadi kekayaan Sumber daya Alam yang di olaborasi secara maksimal misalnya, anyaman, baju batik, Kopi liberika.
Selanjutnya, berharap, dengan kegiatan ini, sektor UMKM dapat terus bergiat menaburkan kreasi dan inovasi agar bisa bersaing dengan kabupaten kota yang ada di Provinsi Jambi .
Kegiatan Gernas BBI yang dipusatkan di Provinsi Jambi kali ini, akan dilaksanakan dari bulan Januari hingga bulan Maret 2022, dan saat ini telah terdaftar kurang lebih 1.100 UMKM yang 50 persen diantaranya atau 500 UMKM berasal dari Provinsi Jambi.
Diharapkan paling sedikit 100 UMKM dapat onboarding melalui pelatihan yang diselenggarakan dan hasil transaksi atau penjualannya dapat mencapai target Rp 6 miliar rupiah.
Pada peluncuran Gernas BBI ini, juga dilakukan secara simbolis pelepasan produk kopi arab Kabupaten Kerinci, Jambi ke Korea Selatan melalui Pelabuhan Talang Duku, Jambi.