Ciptakan Masyarakat Peduli Lingkungan, Pemkab Bogor Kembali Hadir Lakukan Verifikasi Lapangan Terhadap 267 Kampung Ramah Lingkungan

Ciptakan Masyarakat Peduli Lingkungan, Pemkab Bogor Kembali Hadir Lakukan Verifikasi Lapangan Terhadap 267 Kampung Ramah Lingkungan

BOJONGGEDE- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor kembali hadir melakukan verifikasi lapangan ke sejumlah Kampung Ramah Lingkungan (KRL) yang tersebar di wilayah Kabupaten Bogor yang berlangsung sejak awal September hingga akhir Oktober 2023, untuk menciptakan masyarakat yang sadar dan peduli lingkungan.

Perlu diketahui, ada 267 Kampung Ramah Lingkungan (KRL) yang tersebar di 38 Kecamatan, yang diverifikasi langsung oleh tim DLH Kabupaten Bogor selama dua bulan dari awal September hingga akhir Oktober 2023. Untuk memilih 178 KRL terbaik dari berbagai kategori, yang penghargaannya akan diberikan pada momentum Bogor Kabupaten Ramah Lingkungan (BKRL) pada Desember 2023 mendatang yang rencananya akan diberikan langsung oleh Bupati Bogor Iwan Setiawan.

Subkoordinator Kemitraan dan Peran Serta Masyarakat DLH, Surya Sumini mengatakan, pembinaan Kampung Ramah Lingkungan (KRL) dilakukan sejak tahun 2016 yang bertujuan mengedukasi masyarakat dalam hal menjaga lingkungan agar selalu bersih dan asri tanpa plastik. Dari hasil pembinaan banyak KRL yang tetap konsisten hingga saat ini terutama dalam mengelola dan menjaga lingkungan, bahkan ada yang berprestasi di tingkat Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat hingga nasional.

"Harapan, tujuan yang ingin kami capai adalah tumbuh kesadaran masyarakat yang peduli dan sadar lingkungan. Serta terjalin sinergi dan kolaborasi antar masyarakat dalam mengelola lingkungan dengan KRL ini banyak manfaat yakni mitigasi, adaptasi dan peran serta masyarakat," ungkap Surya saat melakukan verifikasi KRL di wilayah Kecamatan Bojonggede, Rabu (18/10/23).

Selanjutnya, Ketua TP-PKK Kecamatan Bojonggede Irawati Suwito menyatakan, suatu kebanggan KRL yang ada di empat desa yakni Desa Pabuaran, Desa Waringin Jaya, Desa Rawapanjang dan Desa Ragajaya bisa masuk nominasi KBRL tingkat Kabupaten Bogor.

"Tentunya sangat mendukung, KRL ini sejalan dengan 10 program pokok PKK. Dan alhamdulillah bisa diverifikasi semoga hasilnya terbaik sehingga budaya masyarakat akan lingkungan ini bisa terus tumbuh dan semakin kuat," terang Irawati.

Kemudian, Ketua KRL Asri 23 Desa Rawapanjang, Sunarko mengungkapkan, rasa bangga dan apresiasi kepada Pemkab Bogor sehingga KRL Asri 23 bisa menjadi salah satu nominasi. Menjaga lingkungan adalah tanggung jawab ia sebagai warga masyarakat untuk menciptakan lingkungan sehat, bersih, asri dan hijau demi keberlangsungan hidup generasi yang akan datang.

"Adapun KRL kami masuk nominasi adalah bonus, karena menciptakan lingkungan asri adalah tanggung jawab kita bersama. Tentunya tidak terlepas dari dukungan dan pembinaan pihak pemerintah desa, kecamatan dan Kabupaten Bogor. Terimakasih support penuh yang diberikan semoga apa yang kita lakukan bermanfaat bagi kita semua," tandasnya. ( Bule )