Dandim Klaten : Generasi Muda Wajib Cintai Tanah Air

Dandim Klaten : Generasi Muda Wajib Cintai Tanah Air

Metronusantaranews.com Klaten – Letnan Kolonel Czi Bambang Setyo Triwibowo,S.E., M.Han Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0723/Klaten memberikan materi wawasan  kebangsaan pada kegiatan PKKMB (Pengenaan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) di Universitas Muhammadiyah Klaten. (3/10/23)

Kegiatan dihadiri oleh Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo SE, M.Han Komandan Kodim 0723/Klaten, Kapten Arh Suparno Danramil 01/Kota, AKP Damin Kasatbinmas Polres Klaten dan panitia Penyelenggara kegiatan PKKMB Universitas Muhammadiyah Klaten.

Pada kesempatan Dandim 0723/Klaten menyampaikan bahwa setiap negara dalam mempertahankan kedaulatannya pasti akan memiliki ancaman atau kerawanan, baik dari dalam maupun dari luar, oleh sebab itu Bangsa Indonesia harus menyiapkan generasi penerus untuk menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada para penerus bangsa guna mencapai jaman keemasan Indonesia di tahun 2045 nanti.

Ancaman yang ada saat ini yaitu Proxy War perang dimana salah satu pihak menggunakan pihak ke tiga atau kelompok lain untuk berperang melalui berbagai aspek (Ipoleksosbud) dan aspek lainnya. Cara-cara menghancurkan generasi muda saat ini antara lain melalui IT, narkoba, faham komunisme dan Radikalisme.

“Generasi Muda Wajib Cintai Tanah Air, selain itu juga harus memiliki Kesadaran berbangsa dan bernegara, Yakin kepada Pancasila sebagai ideologi Negara, Rela berkorban untuk bangsa dan Negara serta memiliki kemampuan awal bela Negara, “ kata Letnan Kolonel Czi Bambang Setyo Triwibowo,S.E., M.Han. 

Penanaman kesadaran bela negara perlu dilaksanakan secara intens  baik dilembaga formal maupun non formal dan harus  menyadari salah satu unsur kekuatan negara adalah memiliki generasi muda yang tangguh, oleh sebab itu sebagai aparat kewilayahan harus berperan aktif dalam menyiapkan generasi muda . (Nugroho)