Hadiri Kegiatan Utsawa Dharma Gita I Di Ladongi, Plt Bupati Koltim Sampaikan Hal ini

Hadiri Kegiatan Utsawa Dharma Gita I Di Ladongi, Plt Bupati Koltim Sampaikan Hal ini

Metronusantaranews.com, Kolaka Timur – Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, SH., MH hadiri Kegiatan Utsawa Dharma Gita I Tingkat Kabupaten Kolaka Timur yang digelar di Pura Penataran Agung Amerta Desa Dwi Eka Dharma, Kelurahan Atula, Kecamatan Ladongi, minggu (15/10/23)

Acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Dharma Gita tersebut mengangkat tema "Literasi Sastra Suci Mewujudkan SDM Hindu yang Moderat dan Kompetitif”

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, SH., MH dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa pelaksanaan Utsawa Dharma dita tersebut merupakan salah satu upaya untuk melestarikan, mengembangkan serta memasyarakatkan Dharmagita di kalangan Umat Hindu.

Olehnya itu, kata pria yang biasa disapa Azis ini juga mengatakan, kegiatan sermacam ini tentulah sudah sangat tepat digiatkan dalam bentuk perlombaan agar budaya leluhur senantiasa tetap terjaga dan dapat dilestarikan.

“saya mengajak kita semua untuk mengamalkan ajaran agama yang kita anut dengan baik dan benar, salah satunya dengan cara menjalin kerukunan, harmoni dan bertoleransi antar umat beragama di Kabupaten Kolaka Timur ini” ajaknya

“penyelenggaraan UDG I Tingkat Kabupaten Kolaka Timur, diharapkan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya” Tambahnya

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Utsawa Dharmagita I  Ni Made Suardi menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memotivasi para Anak-anak, Remaja dan Orang Dewasa tentang pentingnya kidung-kidung suci yang sangat berkaitan dengan niatnye

Kata Dewa-Dewi begitu sapaan akrabnya, melalui kegiatan Utsawa Dharmagita umat Hindu memantapkan pemahaman, penghayatan dan pengalaman ajaran suci untuk memperluas wawasan keagamaan.

"Kegiatan Utsawa Dharma Gita I ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan di Kolaka Timur serta kegiatan ini juga dilakukan setiap 3 tahun sekali,"Katanya.

"Niatnye  artinya sesajen yang sering dilakukan sebagai tradisi untuk menghubungkan Sang Hyang Widhi Wasa  atau sang Pencipta Tuhan yang Maha Esa,"tambahnya.

Selain itu, Dewa-Dewi juga menyebutkan bahwa dalam kegiatan ini ada 8 jenis perlombaan yang akan dipertandingkan salah satunya adalah lomba pembacaan slogan terbanyak.

"Lomba ini sama halnya dengan lomba kesenian  kerohanian,"Jelasnya.

Lebih lanjut, Dharmagita  merupakan salah satu metode pemahaman dan penghayatan nilai-nilai ajaran agama Hindu dan sekaligus salah satu cara berbakti kepada Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa.

“Dharmagita  sebagai nyanyian suci keagamaan Hindu memiliki peran yang sangat penting dalam pembinaan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama Hindu” Ucapnya

utsawa berarti festival atau lomba. Dharmagita berarti nyanyian suci keagamaan. Tujuannya, adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan  pengalaman kitab suci Weda. Selain itu, meningkatkan sraddha dan bakti sebagai landasan terbentuknya susila bagi umat Hindu dan memantapkan kerukunan intern di kalangan umat Hindu yang dinamis dan faktual.

Diketahui, kegiatan Utsawa Dharma Gita I Tingkat Kabupaten Kolaka Timur turut dihadiri langsung, Plt. Bupati Koltim, Abd Azis, SH.,MH, yang didampingi Ketua TP PK Koltim, Hartini Azis, para pimpinan OPD lingkup Pemda Koltim yang sempat hadir, Anggota DPRD yang sempat hadir, Kapolsek Ladongi, Camat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan sejumlah pihak-pihak terkait lainya.

Laporan : Helni Setyawan