Iwan Setiawan Sampaikan Nota Keuangan Dan Rancangan Perubahan APBD Tahun 2023 Pada Rapat Paripurna

Iwan Setiawan Sampaikan Nota Keuangan Dan Rancangan Perubahan APBD Tahun 2023 Pada Rapat Paripurna

CIBINONG-Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyampaikan nota keuangan dan rancangan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023, pada Rapat Paripurna DPRD, Jumat (29/9).

Pada rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor terdapat pula pembacaan surat perubahan susunan pimpinan dan anggota alat kelengkapan DPRD. Rapat dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto dan dihadiri para wakil ketua dan anggota DPRD, Forkopimda, Sekretaris Daerah beserta jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.
 
Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan program pemerintah daerah yang tertuang dalam Perda APBD tahun anggaran 2023, terjadi beberapa perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi yang telah ditetapkan dalam kebijakan umum APBD tahun anggaran 2023.
 
“Antara lain, perkembangan pencapaian indikator ekonomi makro Kabupaten Bogor pada triwulan dua atau semester satu yang mempengaruhi kondisi pertumbuhan ekonomi,” kata Iwan Setiawan.
 
Iwan juga menjelaskan, terdapat kenaikan pendapatan daerah baik yang telah diterima maupun direncanakan dengan memperhatikan realisasi penerimaan pendapatan daerah sampai akhir semester satu.
 
“Selanjutnya memperhatikan laporan keuangan daerah tahun anggaran 2022 yang telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan RI, menyebabkan adanya penurunan sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya atau Silpa yang harus digunakan dalam tahun berjalan,” ujar Iwan.
 
Iwan menambahkan, kemudian dalam rangka persiapan pelaksanaan Pilkada tahun 2024 diperlukan mengalokasikan anggaran untuk mendukung kegiatan tersebut. Berdasarkan pertimbangan hal-hal tersebut, Pemkab Bogor bersama-sama dengan DPRD telah menyepakati kebijakan umum serta prioritas dan plafon anggaran sementara perubahan APBD tahun anggaran 2023.
 
“Yang kemudian kami tindaklanjuti dengan segera menyusun rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD beserta nota keuangan perubahan APBD tahun anggaran 2023 yang disampaikan saat ini,” terang Iwan.
 
Bupati Iwan Setiawan berharap agar pimpinan dan seluruh anggota DPRD dapat menerima penyampaian rancangan perubahan APBD beserta nota keuangan perubahan APBD tahun anggaran 2023 untuk dibahas di tingkat badan anggaran.( Bule )