Lapas Cikarang Bersinergi dengan KPU dan Bawaslu  di Pemilu 2024

Lapas Cikarang Bersinergi dengan KPU dan Bawaslu  di Pemilu 2024

Kabupaten Bekasi // Lapas Cikarang menggelar rapat  dalam persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Senin, 14 Januari 2024.

Rapat tersebut dihadiri oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Bekasi, serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi. 

Rapat diselenggarakan di ruang rapat Birendra, Gedung 1 Lapas Cikarang dimulai sekita pukul 09.30 WIB.

Dalam keterangan resminya kepada media Kalapas Cikarang Imam Sapto Riadi mengatakan bahwa, "kegiatan rapat ini  menjadi titik awal dalam mempersiapkan Pemilu 2024 di Lapas Cikarang.Rapat koordinasi ini dihadiri oleh beberapa pejabat dan staf terkait, termasuk Kepala Lembaga Pemasyarakatan, Kasi Administrasi Kamtib, Kasubsi Registrasi, Komisioner KPU Kabupaten Bekasi, Kabid Data dan Evaluasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi, serta Petugas PPK kecamatan Cikarang Pusat, ujar Kalapas Cikarang, pada Senin, (15/01/2024).

Lebih lanjut Kalapas menjelaskan bahwa  dalam rapat tersebut  Komisioner KPU Kabupaten Bekasi juga menyampaikan beberapa hal yang penting terkait persiapan Pemilu 2024 di Lapas Cikarang.
Dalam konteks Pemilu 2024, Komisioner KPU juga memaparkan  Identitas Kependudukan Digital (IKD) dapat digunakan sebagai persyaratan pemilih

"Rapat koordinasi juga mencatat bahwa sinkronisasi data akan dilakukan setiap minggu dalam bentuk file Excel, guna memastikan data pemilih yang akurat. Selain itu, waktu pelaksanaan pemilihan ditetapkan mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB, tambahnya.

Selain informasi yang disampaikan oleh Komisioner KPU, Kabid Data dan Evaluasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi juga menekankan pentingnya pengecekan dan pencetakan data terkait warga binaan yang berdomisili di Kabupaten Bekasi. 

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Cikarang, Imam Sapto Riadi, menambahkan bahwa situasi di Lapas Cikarang saat ini aman dan kondusif, memberikan kepastian bahwa persiapan Pemilu dapat berlangsung dengan baik di lapas Cikarang, katanya.

Sementara itu, Kepala Lapas Cikarang juga mengumumkan bahwa Lapas Cikarang akan  melakukan sosialisasi dan pendekatan teknis terkait Pemilu pada akhir Januari oleh koordinator teknis KPU Kabupaten Bekasi. 

"Koordinasi antar pihak juga akan terus dilakukan hingga pelaksanaan Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024. Dan kami akan secara berkala melaporkan persiapan dan kendala yang kami hadapi dalam persiapan dan pelaksanaan Pemilu 2024," ujar Imam.

Imam mengharapkan bahwa rapat koordinasi ini berperan penting dalam menjalankan persiapan yang lancar dan sukses untuk Pemilu 2024 di Lapas Cikarang. Ia juga berharap agar warga binaan Lapas Cikarang dapat menyampaikan suara mereka dalam Pemilu 2024 yang merupakan pesta demokrasi di negara kita, tegasnya.(**)


Untuk informasi lebih lanjut tentang persiapan Pemilu 2024 di Lapas Cikarang, kunjungi website resmi kami dan ikuti perkembangannya. #Pemilu2024 #LapasCikarang #KabupatenBekasi #Demokrasi