Saat Sidak, Kantor Lurah Patunas Terkunci, Begini Reaksi Bupati Anwar Sadat

Saat Sidak, Kantor Lurah Patunas Terkunci, Begini Reaksi Bupati Anwar Sadat
Saat Sidak, Kantor Lurah Patunas Terkunci, Begini Reaksi Bupati Anwar Sadat
Tanjab Barat - Entah laporan seperti apa yang di terima bupati KH. Drs. Anwar Sadat, M.Ag hingga dirinya menyempatkan waktu untuk melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di beberapa kelurahan yang berada di kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Rabu (14/09/22)

Dengan menunggangi sepeda motor bupati menyisir beberapa kelurahan diantaranya : Kelurahan Sriwijaya, Kelurahan Tungkal IV Kota, Kelurahan Tungkal Harapan dan Kelurahan Patunas.

Saat sidak berlangsung, bupati mendapati absensi pegawai lurah yang kosong (pegawai tidak masuk kantor) tanpa ada alasan yang jelas.

Hal itu membuat bupati geram, hingga ia mengintruksikan lurah sebagai pimpinan di tingkat kelurahan agar membuat laporan untuk di tindaklanjuti.

“Saya lihat absen kehadiran ini masih ada yang kosong, kalau memang ada keterangan yang jelas ya tidak apa – apa. Tapi kalau ada yang tidak hadir dan sangat sering tanpa ada kejelasan, apalagi seorang ASN, laporkan saja. Pak Lurahkan bosnya buat laporan untuk ditindaklanjuti.” Tegas Bupati.

Selain itu, bupati itu pun menegaskan kepada staf yang bertugas ngurus absensi untuk segera memberitahukan kepadanya terkait hadir atau tidaknya para pegawai yang bekerja di tingkat kelurahan.

“Untuk staf yang bertugas di absensi, kalau mau absen pagi WhatsApp saya, videocall saya, saya ingin tahu, memang benar-benar absen semuanya gak, begitu juga absen selanjutnya.” Pinta Bupati.

Dari beberapa kelurahan yang di sidak, bupati mendapati satu kelurahan yang kondisinya sedang tertutup.

” Ya walaupun jam itu istirahat, tapi ya jangan sampai kosong juga kantor Lurahnya. Ini tidak ada satupun manusianya dikantor, ini parahnya lagi kantor tutup, Bagaimana kalau ada warga yang butuhkan pelayanan segera.” Cetus Bupati di hadapan awak media.

Raut wajah bupati tampak kecewa saat menyaksikan kantor Kelurahan Patunas tersebut di tutup, menurutnya hal itu tidak boleh terjadi lantaran kantor kelurahan merupakan salah satu tempat pelayanan bagi masyarakat setempat.

Lalu apa yang akan di lakukan bupati ?

Bupati mengatakan dengan tegas bahwa ia akan mengevaluasi kinerja lurah patunas serts pegawai lainnya yang bekerja di kelurahan tersebut.

“Kita akan evaluasi kinerja lurah dan pegawainya yang ada di sini”. Bupati menegaskan

Tidak sampai di situ, bupati Anwar Sadat itu pun sempat menanyakan kepada salah satu warga yang tinggalnya tidak jauh dari kelurahan itu, pasal kosongnya kantor.

“Bapak sebagai warga disini kalau melihat kantor lurah ini kosong, silahkan lapor pak. Bapak gak usah takut, kasian kalau ada warga kita yang butuhkan pelayanan.” Pinta Bupati

Untuk di ketahui, sidak yang di lakukan bupati tersebut guna memastikan pelayanan masyarakat di tingkat kelurahan terlayani dengan baik. (Red/Fz/Ad)