Bunda PAUD Way Kanan Buka Rakoor Gugus Tugas PAUD-HI Way Kanan Tahun 2022

92

Way Kanan – Bunda PAUD Way Kanan, Hj. Dessy Afiriyanti Adipati,membuka Rapat Koordinasi Gugus Tugas PAUD Holistik Integratif Kabupaten Way Kanan Tahun 2022, di Ruang Rapat Utama, Rabu (19/01/2022).

Pada kegiatan tersebut juga turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Saipul, S.Sos., M.IP, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Vorian Melita Saipul, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra, Selan S.Sos., M.M, Inspektur Daerah, Dra. Yuliawati, M.M, Kepala dan Unsur dari Dinas Pendidikan, Dinas P3AP2KB, Dinas PMK, Dinas Sosial, Dinas Dukcapil, Dinas Perikanan, Dinas Perpustakaan, Bappeda, BPBD dan Dinas Kominfo.

Bunda PAUD Way Kanan dalam sambutannya menyampaikan,bahwa Rapat Koordinasi ini di laksanakan sebagai bentuk komitmen Pemerintah dalam upaya menjamin terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini,yaitu hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak, sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013,tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) dan Peraturan Bupati Way Kanan Nomor 30 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif serta Keputusan Bupati Way Kanan Nomor : B.224/IV.01- WK/HK/2021 tentang Gugus Tugas PAUD-HI Kabupaten Way Kanan Periode 2021-2024.

Juga dijelaskan Hj. Dessy Adipati, bahwa Gugus Tugas PAUD-HI merupakan wadah Koordinasi yang dibentuk sebagai upaya Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif yang Keanggotaannya terdiri dari SKPD dan Organisasi Mitra yang membidangi Layanan Pendidikan, Kesehatan, Gizi, Perawatan, Pengasuhan, Perlindungan dan Kesejahteraan Anak Usia Dini.

Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

“Pada bulan Desember 2021 kita sudah mengajak beberapa Satuan PAUD bersama Organisasi Mitra PAUD untuk melakukan Study Banding dalam rangka penyelenggaraan PAUD-HI di Kabupaten Way Kanan, dengan harapan dari hasil Study Banding tersebut dapat terimplementasikan ilmunya untuk Kabupaten Way Kanan”,ujar Bunda Paud Way Kanan.

“Ada beberapa PAUD yang dapat dijadikan percontohan dalam melaksanakan layanan PAUD-HI secara utuh, PAUD percontohan yang akan kita bina ini diharapkan dapat benar-benar maksimal dalam meningkatkan Layanan Pengembangan Anak Usia Dini, dan dapat menjalin koordinasi yang baik dari tingkat Kampung, Kecamatan hingga Kabupaten, dan dapat mentransfer ilmunya kepada PAUD lain yang ada di Kabupaten Way Kanan”, Lanjut Bunda Hj. Dessy Adipati.

Bunda PAUD Way Kanan berharap,dengan adanya Rapat Koordinasi ini kita dapat meningkatkan Layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) di Kabupaten Way Kanan secara berkesinambungan, serta lebih meningkatkan keperdulian kita terhadap kebutuhan anak yang beragam, dan melalui peran Bunda PAUD Kampung dan Kecamatan, Lembaga PAUD kita dapat membangun koordinasi yang baik dengan berbagai sektor yang berkaitan dengan pengembangan anak usia dini holistik integratif dari tingkat Kelurahan atau Kampung, Kecamatan hingga Kabupaten melalui Gugus Tugas PAUD-HI.

Diingatkan juga oleh Hj. Dessy Adipati, agar tetap selalu disiplin menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 sebab Pandemic Covid-19 belum berakhir.

“Saya atas nama pribadi dan Bunda PAUD Way Kanan tidak bosan-bosan mengingatkan bahwa Covid-19 belum berakhir, ingat…!!! kita semua jangan pernah lalai untuk selalu melaksanakan Protokol Kesehatan”, ucap Hj. Dessy Adipati. (Feriansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here