Hadiri Pelantikan 398 PTPS, Sekda Kolaka Timur Berharap Jaga Integritas Dan Profesionalisme

Hadiri Pelantikan 398 PTPS, Sekda Kolaka Timur Berharap Jaga Integritas Dan Profesionalisme

Metronusantaranews.com, Kolaka Timur || Dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan dihelat pada bulan Februari mendatang, Pemerintah Daerah Kolaka Timur berharap kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Koltim agar dapat menjaga integritas dan profesionalisme selama pelaksanaan pemilu.

Hal ini diungkapkan Sekda Kolaka Timur, Andi Muh. Iqbal Tongasa mewakili Bupati koltim, saat menghadiri pelantikan 398 Orang PTPS Kelurahan dan desa se-koltim pada pemilu tahun 2024, di aula Pemda Koltim,senin (22/1/2024)

acara yang mengusung tema," bersama rakyat, Bawaslu tegakan keadilan pemilu"ini, dilakukan oleh masing-masing ketua pengawas Kecamatan(panwascam) se-koltim, yang dirangkaikan dengan penandatanganan fakta integrasi.

Dalam acara tersebut, sejumlah pejabat juga turut serta hadir diantaranya, Kapolres Koltim, AKBP Yudhi Palmi DJ, S.IK., M.Si, Ketua Bawaslu koltim, Abang Saputra laliasa, S.Pd, Komisioner  Bawaslu lan Purnama Junior dan Ridwan, sejumlah pimpinan OPD, sekretaris KPU koltim, Hajon, SH, serta ketua Panwascam se-koltim.

"Dalam waktu dekat, kita akan menyelenggarakan Pemilu 2024 yang menjadi tonggak demokrasi bagi masyarakat. Oleh karena itu, kami berharap kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Koltim untuk menjaga integritas dan profesionalisme selama proses ini berlangsung," ujar Sekda.

Sekda berharap, para PTPS yang baru saja dilantik agar dapat bekerja dengan baik, tulus, ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab dalam menjalankan tugas di masing-masing wilayahnya.

“kawan-kawan semua, mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar dalam mensukseskan pemilu tahun 2024 ini," kata Sekda.

Untuk itu, ia mengajak kepada Bawaslu dan Jajaran untuk menciptakan integritas dan profesionalisme di dalam menjalankan tugas-tugasnya sebab hal itu sangat penting dan harus memiliki oleh lembaga pengawas pemilu.

Ia menekankan pentingnya menjaga integritas, Pemda Koltim percaya bahwa peran PTPS dapat memberikan kontribusi besar dalam memastikan pemilihan umum berlangsung dengan adil, transparan, dan akuntabel.

“Dengan tugas pengawasan yang dimilikinya, diharapkan PTPS dapat bersikap netral dan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab” Ucap mantan kadis pendidikan Koltim ini

"Besar harapan kami, agar pemilu di Kabupaten Kolaka Timur dapat berjalan lancar, aman dan tertib tanpa ada gangguan yang sifatnya merusak tatanan demokrasi di daerah kita ini. Mari pula kita memberikan contoh demokrasi yang baik pada daerah lain, bahwa Kolaka Timur ini adalah pusat percontohan politik yang baik khususnya di provinsi Sulawesi Tenggara,"Harapnya.

Menurutnya, dengan kerjasama yang baik antara Pemda Koltim, PTPS dan TNI-Polri, diharapkan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar, bebas dari kecurangan, dan memberikan hasil yang akurat sesuai dengan aspirasi masyarakat Kolaka Timur.

"Saya dan Pak Bupati selalu menyampaikan bahwa kita di Kolaka Timur ini, hidup dalam keanekaragaman yang luar biasa. Mari kita ciptakan kondisi daerah yang tentram, aman dan harmonis. Mari kita Bersama-sama pemerintah, penyelenggara pemilu maupun TNI-POLRI, dapat berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada,"jelasnya.

Laporan : Helni Setyawan