Kabar Mengejutkan Luhut Pandjaitan Mengundurkan Diri, Kenapa?

Kabar Mengejutkan Luhut Pandjaitan Mengundurkan Diri, Kenapa?

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dilaporkan telah mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Maju. Kabar ini dikonfirmasi oleh sumber di Kemenko Marves ketika konfirmasi oleh Metronusantaranews.com pada Selasa, 24 Oktober 2023. 

Dilaporkan bahwa pengunduran diri Luhut ini terkait dengan masalah kesehatannya. Luhut sedang dalam kondisi sakit, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menjalankan tugas harian sebagai penjabat Menko Marves ad interim.

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, membantah mendengar kabar pengunduran diri Luhut. "Tidak kok, saya tidak mendengar ya," ujar Bahlil Lahadalia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Bahlil menyebut bahwa kondisi kesehatan Luhut Pandjaitan yang sedang sakit semakin membaik. Dia meminta publik untuk terus mendoakan kesembuhan Luhut agar dia dapat pulih dan kembali beraktivitas seperti biasa. "Alhamdulillah, Opung (Luhut) sudah membaik. Insyaallah kita doakan agar dia segera pulih dan kembali beraktivitas normal," ujar Bahlil.

Sebelumnya, Luhut Pandjaitan telah mengumumkan melalui akun Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, pada Selasa, 10 Oktober 2023, bahwa dia mendapat saran dari dokter untuk beristirahat selama beberapa hari. Kondisi kesehatannya menurun secara tiba-tiba setelah menghadiri suatu acara.

"Tiba-tiba saya merasa sangat lelah. Rasa lelah ini berbeda dengan yang biasanya saya rasakan setelah bekerja," katanya. Kemudian, Luhut dibawa oleh istrinya ke salah satu rumah sakit di Jakarta, dan tim dokter melarangnya untuk beraktivitas seperti biasa selama beberapa hari.

Setelah menerima tawaran dari rekan-rekannya, Senior Minister Singapura Teo Chee Hean dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan, Luhut Pandjaitan menjalani tahap pemulihan di Singapura. Selain itu, dia menjalani pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih mendalam.

Presiden Jokowi telah menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjalankan tugas harian sebagai Menko Marves ad interim sementara Luhut Pandjaitan dalam kondisi sakit.