Masuki Awal Th 2024, Anggaran Dana Desa 25% th 2023 Belum Cair

Masuki Awal Th 2024, Anggaran Dana Desa 25% th 2023 Belum Cair

Lampung Timur, Metronusantaranews - Anggaran Dana Desa tahun 2023 yang mencapai 25%, saat ini masih belum cair di Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur. Kepala Desa Sribasuki Wawan, menyampaikan bahwa pada akhir bulan kemarin, sekitar tanggal 27 tahun 2023, dana desa belum dapat diambil karena perlu melunasi pajak PBB terlebih dahulu.

Menurut Wawan, hal ini juga diakui oleh Kades Desa Silorejo Supri, yang mengungkapkan bahwa meskipun telah memasuki awal tahun 2024, dana desa untuk pembayaran tahun sebelumnya masih belum diterima. Informasi dari Kasi Pemerintahan Kecamatan menyebutkan bahwa 25% yang dimasukkan pada tahun 2023 akan masuk ke anggaran tahun 2024, menciptakan keruwetan dalam pengaturan SPJ.

Supri menegaskan bahwa pelunasan PBB sebenarnya tidak berkaitan langsung dengan dana desa. Meski demikian, kades berpendapat bahwa pencairan dana desa terkendala oleh kewajiban melunasi pajak tersebut. Pernyataan senada disampaikan oleh Sekdes Pardi, yang mengatakan bahwa dana desa pada akhir tahun 2023 belum cair, padahal seharusnya digunakan untuk melunasi tunggakan pembayaran material.

Kontak dengan Camat Batanghari, Mira Hayati, belum memberikan informasi yang akurat dan seimbang terkait alasan belum cairnya 25% dana desa yang memasuki awal tahun 2024. Situasi ini menimbulkan kebingungan di masyarakat, dengan harapan dapat segera mendapatkan kejelasan terkait pencairan dana desa tahun 2023 yang masih tertunda.(Samsi)