Melalui Bulan Dana, PMI Bergerak Bersama Untuk Optimalisasi Layanan Kemanusiaan

Melalui Bulan Dana, PMI Bergerak Bersama Untuk Optimalisasi Layanan Kemanusiaan

CIBINONG - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor gelar kegiatan Bulan Dana untuk mendorong optimalisasi peran PMI dalam melayani masyarakat Kabupaten Bogor, yang berlangsung di Gedung Serbaguna 1 Setda, Kamis (21/9/23).

Kegiatan Bulan Dana ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke 78 yang jatuh pada 17 September 2023 kemarin. 

Bulan bakti ini juga dilakukan guna memenuhi pembiayaan tugas kepalangmerahan, sesuai dengan UU No. 1 Tahun 2018 Tentang Kepalangmerahan, salah satu sumber dana PMI berasal dari donasi masyarakat yang tidak mengikat melalui kegiatan Bulan Dana yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

Mewakili Bupati Bogor, Staf ahli Bidang Pemerintahan, Makmur mengungkapkan, Bulan Dana merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan dalam rangka menghimpun, mengumpulkan dana sumbangan, partisipasi masyarakat instansi dan lembaga termasuk seluruh komponen masyarakat Kabupaten Bogor untuk mendukung pelayanan kemanusiaan kepalangmerahan. Melalui pengumpulan dana kemanusiaan, donasi kebersamaan tentunya dapat mendukung optimalisasi program kemanusiaan melalui donasi dari semua pihak.

"Ini juga dapat mendorong PMI untuk terus berinovasi mengembangkan kiprahnya agar senantiasa profesional, mandiri, dan dicintai masyarakat. Sehingga kita semakin dekat dengan masyarakat senantiasa menolong serta melayani masyarakat dengan sepenuh hati," ujarnya.

Menurutnya, Bulan Dana ini juga jadi momentum untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi dengan semua elemen masyarakat dalam menumbuhkan jiwa sosial bersama untuk kemanusiaan. 

"Selamat ulang tahun kepada jajaran pengurus PMI dan relawan, semoga PMI senantiasa memberikan kontribusi kepada masyarakat," katanya. 

Selanjutnya, Ketua Dewan Kehormatan, Nurhayanti menyampaikan, peran PMI Kabupaten Bogor sangat luar biasa terutama dalam memberikan pelayanan kemanusiaan dalam berbagai peristiwa. Baik itu musibah bencana alam, kecelakaan, kebakaran dan lainnya. PMI menjadi garda terdepan dalam memberikan pertolongan pertama kepada setiap orang yang membutuhkan.

"Bulan bakti sangat penting dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan PMI yang bergerak di bidang kemanusiaan. Karena urusan kemanusiaan ini perlu gerakan kolaboratif dan sinergi dari semua pihak. Semoga kita senantiasa berbuat untuk masyarakat Kabupaten Bogor," tegas Nurhayanti. 

Ditempat yang sama, mewakili Ketua PMI Kabupaten Bogor,  Wakil Ketua Bidang Organisasi Nano Supriatna menyampaikan bahwa, bulan dana kali ini adalah untuk yang pertama kalinya dilaksanakan di tahun 2023 karena sempat terhenti akibat pandemi covid-19. 

"Dana yang sudah terkumpul ini akan kami gunakan untuk pelayanan kesehatan masyarakat, membantu evakuasi korban bencana kemudian pembinaan dan pelatihan palang merah remaja atau PMR. Serta pelatihan danp embinaan relawan melalui wadah KSR atau kops sukarela," imbuhnya. 

Reporter (Bule)