Moment HUT ke-53, Bupati Tonny Tesar Serahkan Bantuan 30 Ribu Benih Ikan Baramundi (Kakap Putih) untuk 15 Kelompok Pembudidaya

189

Metronusantaranews.com – Serui | Bupati Tonny Tesar, S.Sos menghadiri Acara penyerahan paket bantuan benih ikan kakap Baramundi (Kakap Putih) sekitar 30.000 ekor dengan ukuran 12 cm Up kepada 15 kelompok pembudidaya di Distrik Kepulauan Ambai di Kaboaena, Senin (07/03/2022).

Bupati Tonny Tesar, S.Sos., dalam sambutannya menyampaikan “Hari ini kita serahkan dan manfaatkan benih yang dibesarkan atau didatangkan dari BPBL Ambon. Dan dipelihara dari ukuran 2 cm sehingga sudah menjadi 12 cm. Diharapkan untuk tahun ini juga, pembibitan ikan kakap dapat berproduksi secara mandiri. Dalam arti mulai dari pemijatan, telur, larva dan sampai dengan benih ikan, semua akan lakukan di Hatchery ini.”

“Manfaatkan kapasitas Hatchery ini dengan benar, sehingga kita bisa mensuplay kebutuhan benih ikan barramundi ini. Bukan hanya saja di Papua, tetapi bisa sampai ke tempat-tempat lain. Karna sekali produksi bisa sampai 2.5 jta benih ikan yang dihasilkan. jelas Tonny Tesar, S.Sos.

Kesempatan ini, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Daniel Reba, menuturkan “Ikan Kakap Barramundi si Kakap Putih merupakan salah satu komoditas andalan sektor budidaya. Ikan kakap putih ini adalah jenis ikan kanibal. Dijuluki sebagai ikan kanibal, karna barramundi ini akan saling memangsa bila kelaparan. Itu sebabnya perlu perhatian khusus dari pembudidaya. Pakan yang dapat diberikan kepada ikan kakap putih adalah pakan pellet dan rucah. Waktu yang dibutuhkan untuk pemeliharaan ikan kakap putih, kurang lebih 7 sampai 8 bulan. Dengan bobot perekor mencapai 500gram dan 1000gram.”

Moment ini Bupati Tonny Tesar, S.Sos hadir bersama Ibu dr. Suheny Tesar, dan Wakil Bupati Frans Sanadi, B.Sc.,S.Sos.,MBA., bersama Ibu Tina Suweny. Hadir juga Plt Sekda Erny R. Tania, S.IP., Pimpinan OPD, Anggota DPRD, Forkopimda, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetyo Nugroho, S.IP., Ketua Pengadilan Negeri Ronald Massang, S.H.,MH, Kapolres Kep Yapen, Ketua Persit Kartika Candra Kirana dan kelompok-kelompok Nelayan turut hadir.

Jurnalis : Sartika Paramitha 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here