Pastikan Pemilu Aman, Kapolres Pantau Latihan Simulasi Sispamkota 

Pastikan Pemilu Aman, Kapolres Pantau Latihan Simulasi Sispamkota 

POLRES SBB.- Perhelatan Pemilu 2024 kini sudah mulai berlangsung. Pihak penyelenggara terus melakukan berbagai kesiapan termasuk aparat keamanan, guna memastikan pesta demokrasi itu berlangsung aman, mulai dari proses pendaftaran di KPU, kampanye, hingga penetapan pemenang dan pelantikan. Simulasi pengamanan dilakukan oleh jajaran Kepolisian diseluruh Indonesia, termasuk Polda Maluku, khususnya Polres Seram Bagian Barat (SBB).

Kapolres Seram Bagian Barat (SBB), AKBP Dennie Andreas Dharmawan, SIK, memantau langsung pelaksanaan latihan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) menghadapi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2023 - 2024.
"Pelaksanaan simulasi sispamkota tersebut akan digelar secara besar-besaran saat apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata, Pengamanan Pemilu 2024, pada tanggal 17 Oktober 2023, diseluruh jajaran Polri dan TNI, termasuk kita di SBB,"kata Kapolres kepada wartawan di Mapolres SBB, Jumat (13/10/2023).

Dijelaskan, simulasi sispamkota yang dilakukan untuk menghadapi Pemilu serentak 2024, melibatkan aparat gabungan dari unsur TNI, Polri maupun Pemerintah Kabupaten, dalam hal ini Satpol Polisi Pamong Praja, dan instansi terkait lainnya.
"Kita memantau jalannya pelatihan simulasi ini untuk kita bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan, supaya bisa kita koreksi atau di diskusikan bersama untuk diperbaiki agar lebih baik kedepan,"jelasnya.

Dikatakan, perbaikan saat pemantauan itu sangat penting sehingga saat puncak pelaksanaan apel gelar pasukan 17 Oktober mendatang sudah tidak ada lagi kesalahan.

"Pelatihan ini dilakukan secara gabungan dan berulang untuk kesempurnaan pelaksanaan tugas nantinya,"ujarnya.

Selain memantau jalannya latihan simulasi, Orang nomor satu di Polres SBB itu juga turut mengecekan  kesiapan peralatan yang akan digunakan.
"Jadi semuanya harus betul-betul siap, baik perkuatan personel maupun peralatan yang nantinya akan digunakan," tegasnya 

Perwira dengan dua melati dipundaknya ini berharap, Pemilu serentak nanti wilayah Provinsi Maluku, khususnya Kabupaten SBB dapat berjalan aman dan damai. "Saya mengajak seluruh elemen masyarakat mari bersama kita menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. Kita sambut Pemilu dengan gembira, walaupun kita berbeda pilihan tetapi kita tetap satu,"tandasnya. 

Kapolres tidak sendirian melainkan didampingi oleh Waka Polres SBB Komp La Udin Taher, Kabag Ops Polres SBB AKP Djafar Lessy, dan seluruh pejabat serta perwira di Polres SBB.( Red )