Pimpin Rakor TPPS, Sekda Koltim Tegskan Pencegahan Dan Penurunan Angka Stunting Harus Terus Dilakukan

Pimpin Rakor TPPS, Sekda Koltim Tegskan Pencegahan Dan Penurunan Angka Stunting Harus Terus Dilakukan

Metronusantaranews.com, Kolaka Timur || Pencegahan dan penurunan angka stunting di Kolaka Timur harus terus dilakukan, Jika semua locus suspek stunting terus dipantau dan dilakukan, maka seiring berjalannya waktu angka stunting di Koltim akan turun bahkan hilang.

Hal ini disampaikan serta ditekankan Sekda Koltim, Andi Muh Iqbal Tongasa, S.STP., M.Si, saat memimpin Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting atau TPPS Kabupaten Koltim Tahun 2024, di Aula Dinas Kesehatan Koltim baru-baru ini yang dihadiri sejumlah pimpinan OPD, kepala Puskesmas dan kepala UPTD KB se-Koltim.

"Kita harus sering turun disemua lokus suspect stunting, apalagi tim survey nantinya tidak mau didampingi tim pengendalian penurunan stunting dari Koltim. Yang artinya, kita harus sungguh-sungguh dan serius dalam memerangi stunting ini," tegas Sekda.

"Stunting merupakan masalah serius yang harus kita tangani secara bersama-sama. Tidak hanya tanggung jawab satu instansi, tetapi merupakan tanggung jawab bersama kita semua untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya," tambahnya.

Selain itu, dalam rapat tersebut juga dibahas langkah-langkah konkret yang akan diambil untuk menangani masalah stunting, seperti peningkatan edukasi masyarakat tentang gizi seimbang, penguatan pelayanan kesehatan ibu dan anak, serta pemantauan pertumbuhan anak secara berkala.

“kami juga akan terus meningkatkan aksesibilitas terhadap pelayanan kesehatan ibu dan anak di seluruh wilayah Kolaka Timur, sehingga angka stunting ini betul – betul kita tekan" ungkapnya.

Diharapkan kata Sekda, melalui rapat koordinasi ini, akan lahir langkah-langkah strategis yang mampu menekan angka stunting di Kabupaten Kolaka Timur pada khususnya

Laporan : Helni Setyawan