PPWI Konawe Imbau Hentikan Segala Bentuk Aktivitas Penambangan Pasir Ilegal Di Uepai

PPWI Konawe Imbau Hentikan Segala Bentuk Aktivitas Penambangan Pasir Ilegal Di Uepai
Ketgam : Ketua PPWI Konawe, Andi Ifitrah Porondosi

Metronusantaranews.com, Konawe - Ketua Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Konawe, Andi Ifitra Porondosi, menghimbau kepada para penambang pasir illegal yang beroperasi di bantaran Sungai Kali Konaweha, di wilayah Kecamatan Uepai dan Kecamatan Konawe segera menghentikan segala bentuk aktivitas.

Himbauan ini diberikan sebagai respons terhadap meningkatnya aktivitas penambangan pasir tanpa izin yang dapat berdampak serius pada lingkungan dan masyarakat setempat, minggu (3/12/23)

Dalam pernyataannya, Andi Ifitra Porondosi menekankan pentingnya penegakan aturan dan kepatuhan terhadap perizinan dalam setiap kegiatan ekstraksi sumber daya alam.

Ia menyatakan bahwa penambangan pasir yang dilakukan tanpa izin resmi dapat merusak lingkungan, mengancam keberlanjutan sumber daya alam, dan menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat di sekitarnya.

"Kami menghimbau kepada para penambang pasir di bantaran Sungai Kali Konaweha, khususnya di wilayah Uepai dan Konawe yang tidak mengantongi izin resmi untuk segera menghentikan segala bentuk aktivitas penambangan. Langkah ini diambil untuk melindungi lingkungan hidup, memastikan keberlanjutan ekosistem sungai, dan menghormati aturan hukum yang berlaku," ungkapnya

Selain itu, ia juga menyoroti perlunya kesadaran kolektif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup. Himbauan ini tidak hanya ditujukan kepada para penambang, tetapi juga kepada masyarakat luas agar lebih memahami dan mendukung upaya pelestarian alam.

Pemerintah daerah juga diingatkan untuk intensif dalam pengawasan dan penegakan hukum terkait penambangan pasir ilegal. Langkah-langkah preventif dan represif perlu ditingkatkan guna memastikan bahwa kegiatan ekstraksi sumber daya alam berlangsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Andi berharap bahwa himbauan ini dapat direspon dengan baik oleh para penambang pasir, dan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait dapat memastikan bahwa sumber daya alam yang dimiliki oleh Sungai Kali Konaweha tetap terjaga untuk generasi mendatang.

Laporan : Redaksi