rapat paripurna, Dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten seram bagian barat(SBB)

rapat paripurna, Dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten seram bagian barat(SBB)

Kabupaten seram// metronusantara news//Dalam rangka penyampaian nota pengantar  rancangan peraturan daerah,tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah(APBD) tahun 2024,, Selasa/28/November/2023.


Dalam rapat tersebut, Penjabat Bupati sbb Andi  Chandra As’aduddin, yang di wakili,Sekda Kabupaten SBB, leverne Alvin tuasuun, menyampaikan , penyusunan rancangan APBD tahun anggaran 2024 merupakan bagian dari siklus pengelolaan keuangan daerah,

  sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2023 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2024.

Lanjutnya,  rancangan peraturan daerah tentang anggaran RAPBD  anggaran 2024 merupakan penjabaran lebih lanjut dari nota kesepakatan antara Pemerintah daerah dengan DPRD tentang kebijakan umum APBD tahun anggaran 2024, serta prioritas plafon APBD 2024.


Dalam Kesepakatan kedua,dokumen tersebut penting, dalam penyusunan Ranperda tentang APBD tahun anggaran 2024, ini merupakan bentuk kesepahaman,  cermin dari keinginan bersama antara pemerintah daerah dan DPRD, ucapnya.


Penyusunan RAPBD tahun anggaran 2024 merupakan implementasi Program dan anggaran dalam format struktur APBD sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, ucapnya.

 penyusunan tentang APBD tahun anggaran 2024 tetap berorientasi pada anggaran berbasis kinerja yang dalam program dan kegiatan akan mempunyai nilai yang ekonomis dan efisien seiring dengan penggunaan perhitungan sesuai standar harga,


Adapun jumlah Pendapatan Daerah yang dianggarkan dalam RAPBD tahun anggaran 2024 sebesar Rp. 983'266'084'500, rupiah.

Sedangkan  belanja daerah terdiri dari belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga, dan belanja transfer. adapun jumlah belanja daerah yang dianggarkan dalam RAPBD tahun anggaran 2024 sebesar Rp. 980'516'084'500, rupiah.

Dan Saya berharap pembahasan RAPBD tentang APBD Kabupaten tahun anggaran 2024 dapat berjalan lancar Anggaran. Maka itu selalu pemerintah daerah kami ucapakan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada saudara Pimpinan dan segenap Anggota Dewan tutupnya.

Bukan hanya itu ketua DPRD sbb Abdul Rasyid lisaholid, juga menyampaikan 
 dengan penyampaian Ranperda APBD Kabupaten tahun anggaran 2024 dan penyerahan secara resmi Dokumen ini selanjutnya akan dibahas secara intensif dan komprehensif dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah.

karena itu saya menghimbau kepada kita semua, sekalian agar tetap memiliki semangat dan komitmen sepenuhnya perhatian kita pada pembahasan Ranperda tentang APBD tahun 2024 ini. 

Atas nama Pimpinan DPRD, sbb ,saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar besarnya kepada seluruh Anggota DPRD, juga kepada Sekwan beserta seluruh staf sekretariat DPRD yang selama ini telah membantu memperlancar seluruh aktifitas DPRD selama ini- tutup lisaholid.( Red )