Sosialisasi Pilkada, Komisioner KPU Lampung Antoniyus Cahyalana Sarankan Kantor KPU Metro Punya Media Gathering

Sosialisasi Pilkada, Komisioner KPU Lampung Antoniyus Cahyalana Sarankan Kantor KPU Metro Punya Media Gathering

Metro nusantara news, Metro — Berkunjung ke Kota Metro, Komisioner KPU Lampung Antoniyus Cahyalana memaparkan peran media pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklihparmas) ini juga menyarankan agar KPU setempat memiliki media gathering.

Hal itu dikatakannya usai Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 kepada Organisasi Media di Kota Metro di Hotel Aidia, Jumat (5/7/2024).

Menurutnya, media merupakan pilar ke empat demokrasi dan perannya sangat penting, bisa menjadi wadah serta penyaluran aspirasi kepentingan masyarakat.

Selain itu, media juga berperan dalam memberikan edukasi dan pendidikan politik bagi masyarakat. 

"Informasi yang diberikan kepada masyarakat, agar pemilih bisa memilih pemimpin yang mereka butuhkan dan lebih baik," imbuhnya.

Antoniyus menilai, media memiliki peran menjadi pengawas Pemilu dalam menyukseskan Pilkada sangat penting, sedangkan media getring tidak ada keharusan, namun sifatnya sangat urgent.

Untuk pemberitaan hoaks soal Pemilu dan Pilkada menurut Antoniyus menurun drastis dibandingkan pada gelaran pesta demokrasi tahun 2019 lalu.