WAHDI KENALKAN CAGAR BUDAYA METRO KE PARA DOKTER KEBIDANAN USAI TEMU ILMIAH NASIONAL

WAHDI KENALKAN CAGAR BUDAYA METRO KE PARA DOKTER KEBIDANAN USAI TEMU ILMIAH NASIONAL

Walikota Metro, dr. Wahdi memperkenalkan warisan sejarah Cagar Budaya Kota Metro sekaligus menjadi tour guide heritage para dokter dari berbagai daerah di Indonesia yang berkunjung ke Metro, Selasa Sore (17/10/2023).

Metro, Lampung - Wahdi mengatakan bahwa kedatangan para dokter tersebut ke Metro di sela-sela acara pertemuan ilmiah para dokter di Lampung.

“Kebetulan guru saya Prof. Ariawan Soejoenoes yang juga pernah bertugas di Kota Gajah juga hadir maka sekalian saya ajak menikmati Kota Metro dengan mengunjungi bangunan bersejarah dan cagar-cagar budaya yang ada,” ungkapnya.

Kepada para dokter, Wahdi menjelaskan bahwa Kota Metro memiliki akar sejarah terkait isu kesehatan yang jejaknya bisa dilihat hingga saat ini.

“Kita memiiki Klinik Santa Maria dan Rumah Dinas Dokter yang berdiri sejak era kolonisasi, kita juga memiliki satu Puskesmas percontohan di era Bung Karno,” jelasnya.

Selain itu menurutnya kehadiran cagar-cagar budaya dan program revitalisasi fasilitas budaya keberadaan cagar budaya dapat terus dikembangkan sebagai salah satu wisata yang menarik pengunjung dari luar Metro.

Salah seorang dokter yang mengikuti tour ini adalah Prof Ariawan Soejoenoes. Yang juga pernah bertugas di Kotagajah pada 1961 yang kembali mengingat perjalanan hidupnya semasa di Lampung.

“Saya terkesan dengan perkembangan yang ada sekaligus upaya-upaya untuk terus mempertahankan bangunan-bangunan bersejarah dan cagar budaya di Kota Metro, dulu saya kalo ke Metro nonton wayang,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Metro Silfia Naharani mengatakan selain mengajak para dokter tersebut ke cagar-cagar budaya yang ada di Kota Metro para dokter tersebut juga diajak mengunjungi SEKAM untuk melihat berbagai produk kerajinan UMKM Kota Metro.

“Kita juga mengenalkan berbagai produk kerajinan khas Metro yang didisplay di Dekranasda kepada para dokter yang berkunjung ke Metro tersebut,” ungkapnya.

Turut mendampingi para dokter tersebut adalah Kepala Bappeda, Kabag Protokol dan Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Metro dan TACB Metro.Kedatangan para dokter tersebut juga disambut dengan hangat oleh para suster di Klinik Santa Maria. (ADV)