Dorong Inovasi Digital, Pemda Koltim Gelar Bimtek Pengelolaan Kas Daerah Berbasis Elektronik

Dorong Inovasi Digital, Pemda Koltim Gelar Bimtek Pengelolaan Kas Daerah Berbasis Elektronik

Metronusantaranews.com, Kolaka Timur || Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur (Pemda Koltim) melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah menggelar Bimbingan Teknis Optimalisasi Pengelolaan Kas Daerah Berbasis Elektronik.

Acara yang berlangsung selama dua hari sejak 26 – 27 Januari 2024 di Hotel Horison kendari ini, mengangkat tema" Penguatan Penatausahaan Keuangan Melalui Penerapan Aplikasi SIPD-RI (microservices) dan Implementasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah".

Diketahui, kegiatan bimbingan tekhnis ini di buka langsung oleh Bupati Kolaka Timur yang diwakilkan Sekda Kolaka Timur, Andi Muh. Iqbal Tongasa

"Penerapan Aplikasi SIPD-RI (microservices) dan Implementasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam pengelolaan keuangan daerah," Kata Sekda Koltim.

Aplikasi SIPD-RI (microservices) diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam penatausahaan keuangan, memberikan akses informasi yang cepat dan akurat, serta mendukung proses pengambilan keputusan.

Sementara itu, implementasi penggunaan kartu kredit pemerintah diharapkan dapat meminimalkan risiko kesalahan dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan transaksi keuangan.

“Pemda Koltim, berkomitmen dalam efektifitas Tata Kelola Keuangan Daerah yang baik dengan memanfaatkan teknologi melalui SIPD agar terjadi akselerasi dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan Kas Daerah Berbasis Elektronik Guna penguatan penatausahaan keuangan” ujarnya

Selain itu, Pemda Koltim juga berharap bahwa dengan terus mendorong inovasi digital, akan terwujud pengelolaan keuangan daerah yang lebih efisien, transparan, dan akuntabel, sejalan dengan arah pembangunan daerah yang semakin maju dan berkembang.

Laporan : Helni Setyawan