Dua Inovasi Pemkab Bogor "Cageur" dan Duta Inovasi Desa Divalidasi Tim Penilai IGA Award Dari Kemendagri

Dua Inovasi Pemkab Bogor "Cageur" dan Duta Inovasi Desa Divalidasi Tim Penilai IGA Award Dari Kemendagri

CIBINONG- Dua inovasi yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam hal ini Bappedalitbang Kabupaten Bogor dan RSUD Cibinong yakni Duta Inovasi Desa dan inovasi layanan kesehatan RSUD Cibinong Gancang Ngubaran Dulur (Cageur) dinilai langsung oleh Tim Validasi Innovative Government Award (IGA) tahun 2023 dari Kemendagri RI yang berlangsung di Kantor Bappedalibtbang dan RSUD Cibinong, Senin (16/10/23).

Di kesempatan yang sama juga dilaksanakan Gelar Inovasi Daerah yang diikuti oleh 9.500 mahasiswa dari 15 perguruan tinggi, untuk mencari cikal bakal generasi penerus yang inovatif untuk mendorong terwujudnya Indonesia emas dan generasi bonus demografi.

Kepala Pusat Pengembangan SDM, IT dan Inovasi Pemerintahan Dalam Negeri Kemendagri RI, Aferi S. Fudail mengungkapkan, suatu inovasi yang luar biasa mengingat kondisi luas wilayah Kabupaten Bogor dan jumlah masyarakat yang cukup besar, Duta Inovasi Desa bisa diakselerasikan dengan pemerintah desa bagi kebermanfaatan dan kemajuan masyarakat desa. Demikian juga dengan layanan kesehatan Cageur bisa mengoptimalkan layanan kesehatan berbasis digital kepada masyarakat luas.

"Saya kira ini sesuatu yang luar biasa, mudah-mudahan inovasi ini bisa direflikasi dan dikembangkan berkesinambungan," ungkap Aferi.

Selanjutnya,  Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor,  Ajat Rohmat Jatnika menuturkan, hari ini merupakan kegiatan validasi Duta Inovasi Desa yang merupakan inovasi unggulan dalam menciptakan kemandirian desa dalam mengatasi berbagai persoalan yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.

"Dari hasil evaluasi alhamdulilah kita masih 10 besar. Hari ini kita divalidasi mudah-mudahan bisa menjadi yang terbaik tahun ini. Dalam hal inovasi juga konsen kita lakukan bahkan enam tahun berturut-turut masuk dalam IGA Award," ujar Ajat.

Direktur RSUD Cibinong, Yukie Meistisia Ananda Putri Satoto menerangkan, “Cageur” atau RSUD Cibinong Gancang Ngubaran Dulur, yang merupakan layanan rujukan, telemedicine dan home care yang dimiliki oleh RSUD Cibinong juga dihadirkan sebagai upaya mendekatkan diri dengan masyarakat dan mendukung pemerataan pelayanan kesehatan rujukan bagi masyarakat Kabupaten Bogor

Layanan Cageur sudah berbasis aplikasi yang bisa diunduh oleh masyarakat di www.cageur.rsud cibinong.com. Di dalamnya terdapat layanan telekonsultasi, perawatan di rumah, farmasi, pelayanan nutrisi, pelayanan paliatif, asisten medis, evakuasi medis, tim medis gawat darurat, dan mini ICU. Ini adalah salah satu upaya mewujudkan layanan pre hospital, hospital without wall, sebagai upaya mempermudah akses pelayanan langsung kepada masyarakat.

"Tujuan kami adalah memudahkan aksesibilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat kami mencoba memperluas cakupan selain melakukan transformasi pelayanan kesehatan secara digital dan tentu kami sebagai bagian dari Pemerintah Kabupaten Bogor berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan untuk mewujudkan Bogor Sehat tentunya dengan ada inovasi ini," imbuhnya. (Bule )